Sukses

Lifestyle

Kinclong Seperti Baru! Begini Cara Mudah Menghilangkan Noda Lemak Pada Peralatan Masak

Fimela.com, Jakarta Memasak sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari untuk sejumlah orang. Mereka yang memilih untuk memasak biasanya bertujuan untuk mendapatkan menu bersantap yang lebih sehat dan pastinya sesuai dengan selera yang dimiliki. Tapi, tahukah kamu bahwa ada satu hal yang ternyata sering nggak disukai dari rutinitas memasak ini. Ada yang tahu jawabannya?

Yup, benar banget, mencuci piring jawabannya. Setelah memasak, pastinya akan ada beberapa peralatan dapur yang harus dibersihkan. Mulai dari panci, sotil, dan lain sebagainya. Pekerjaan rumah ini terkadang bisa bikin kesal orang-orang. Apalagi kalau sudah dihadapkan dengan peralatan memasak yang penuh dengan noda lemak membandel. Pasti effort yang harus dikeluarkan berkali-kali lebih banyak untuk membersihkannya.

Namun, jangan khawatir dulu ya, sebab ada beberapa lifehack gampang yang bisa dipraktikkan untuk hilangkan noda lemak pada peralatan masak bekas pakai. Apa saja, ya?

1. Gunakan Air Panas untuk Melunturkan Noda Lemak

Noda lemak yang menempel pada alat masak nyatanya bisa dirontokkan dengan menggunakan air panas. Dengan begitu, alat masak akan bisa lebih mudah digosok dan dibersihkan dengan sabun cuci piring.

Untuk caranya, kamu bisa merendam peralatan masak dalam air panas selama 2-3 menit saja. Setelah itu, lanjut dengan mencucinya menggunakan sabun cuci piring dan gosok dengan spons lembut biar noda lemak yang menempel bisa luntur sepenuhnya. 

Tapi sebelum itu, kamu harus tahu bahwa cara ini hanya direkomendasikan untuk alat masak yang berbahan logam dan sejenisnya. Sebab, jika merendam peralatan masak berbahan plastik di air panas, ditakutkan zat mikro yang ada di dalamnya akan ikut larut dan membahayakan kesehatan tubuh bila digunakan kembali.

2. Pakai Sabun Cuci Piring yang Mengandung Ekstrak Lemon

Ada banyak sekali manfaat lemon yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya yaitu membersihkan noda lemak dan noda membandel lainnya yang terdapat pada alat masak dan makan. Itulah mengapa, banyak produk sabun cuci piring yang telah dilengkapi dengan ekstrak lemon di dalamnya.

FYI saja bahwa di dalam lemon sendiri terdapat kandungan asam yang sangat tinggi. Sehingga bisa diandalkan untuk menghilangkan berbagai macam noda membandel dan sekaligus membuat peralatan memasak jadi kinclong kembali.

Menariknya lagi, bahan alami satu ini juga mampu menghilangkan bau amis dan nggak enak lainnya pada alat-alat dapur. Jadi, selain bikin bersih, alat masakmu pun juga akan harum jika dibersihkan menggunakan sabun cuci piring dengan ekstrak lemon.

3. Cuci Peralatan Masak Sebanyak 2 Kali

Mencuci peralatan masak yang penuh akan noda lemak ternyata nggak cukup dilakukan sekali saja. Kamu harus mencucinya menggunakan sabun cuci piring sebanyak 2 kali untuk memastikan lemak-lemak dan noda lainnya bersih sempurna. 

Mencuci peralatan memasak sebanyak 2 kali juga bertujuan untuk meminimalisir keberadaan bakteri dan kuman yang mungkin saja masih menempel. Oleh karena itulah, upayakan selalu melakukan langkah ini agar alat-alat dapur yang kamu miliki terbebas dari noda lemak yang membandel dan mengganggu.

4. Bilas di Air Mengalir

Untuk mengakhiri rangkaian cuci piring, kamu bisa membilas semua peralatan memasak tersebut di bawah air mengalir. Membilas alat masak bekas pakai di air mengalir dinilai akan lebih efektif dalam menghilangkan berbagai noda yang menempel. Selain itu, cara ini pun juga bermanfaat untuk membebaskan peralatan memasak dari aroma kurang sedap. Oleh karena itulah, terapkan tips satu ini biar alat-alat dapurmu bisa tetap bersih, harum, dan terbebas dari noda membandel apapun.

Nah, itu tadi sejumlah tips gampang yang bisa dicoba untuk membersihkan peralatan memasak bekas pakai dari noda lemak yang mengganggu. Cus, langsung dipraktikkan sendiri di rumah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading