Sukses

News & Entertainment

6 Film Religi Indonesia yang Mengadaptasi Novel Terbaik

Bintang.com, Jakarta Seperti yang kita tahu, Indonesia mempunyai banyak judul film yang bertemakan religi. Mulai dari yang diadaptasi dari cerita novel hingga yang diangkat dari kisah nyata. Kali ini, Bintang.com akan merangkum enam film religi terlaris yang mengadaptasi dari novel.

1. Ketika Cinta Bertasbih

Film yang rilis pertama kali pada 2009 silam ini bercerita tentang kehidupan dan perjalanan cinta Azzam (Kholidi Asadil Alam). Film 'Ketika Cinta Bertasbih' diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Habiburrahman El Shirazy. Syuting film ini pun benar-benar dilakukan di Mesir sesuai dengan novelnya. Tidak heran kalau tiket film ini berhasil terjual hingga 3,1 juta tiket.

Ketika Cinta Bertasbih.

 2. 99 Cahaya Dilangit Eropa

'99 Cahaya di Langit Eropa' bercerita tentang sejarah peninggalan Islam di Eropa. Film yang rilis pada 2013 ini juga menjelaskan bahwa Islam tidak harus disebarkan melalui kekerasan tapi bisa melalui dakwah, pelajaran ataupun pengetahuan. Hanum (Acha Septriasa) adalah seorang istri dari Rangga (Abimana Aryasatya). Rangga dan Hanum meninggalkan tanah air karena Rangga harus doktor di Austria. Kisah perjalanan keduanya telah terlebih dahulu tertuang dalam novel karya Hanum Salsabiela Rais dan Ranga Almahendra.  

Poster film '99 Cahaya di Langit Eropa'.

3. Negeri 5 Menara

Film bertema religi lainnya yang laris manis ditonton adalah film Negeri 5 Menara (2012). Film yang diadaptasi dari novel karya A. Fuadi dan disutradarai Affandi Abdul Rachman ini bercerita tentang enam santri dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda. Mereka memiliki mimpi besar untuk menaklukkan dunia.  yang berusaha mengejar dan mewujudkan mimpi besar mereka yaitu menaklukkan dunia. Film ini mengambil lokasi syuting di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, Sumatera Barat, Bandung, hingga London. 

Negeri 5 Menara. Foto: via nyonyakim.wordpress.com

4. Assaalamualaikum Beijing

Film 'Assalamualaikum Beijing' pertama kali rilis pada 2014 lalu. Film yang mengadaptasi dari novel karya Asma Nadia ini mengisahkan tentang perjuangan cinta. Sederet nama bintang yang ikut meramaikan film seperti Revalina S. Temat, Laudya Cynthia Bella, Morgan Oey, Ibnu Jamil, Desta, Ollyne Apple, Cynthia Ramlan dan Jajang C. Noer.

Assalamualaikum Beijing. Foto: Twitter

5. Ayat-ayat Cinta

Film 'Ayat-ayat Cinta' termasuk film yang sangat fenomenal sejak awal kemunculannya 2013 silam. Pasalnya, film yang dibintangi oleh Fedi Nuril itu mengangkat tema poligami. Akting Fedi dan dua 'isterinya',  Rianti Cartwright dan Carissa Putri sukses mencuri perhatian penonton. Film yang disebut-sebut sebagai pelopor film islami ini diadaptasi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy. 

Film remaja Ayat-ayat Cinta.

6. Surga yang Tak Dirindukan

Lagi dan lagi, novel karya Asma Nadia diangkat ke layar lebar. Sukses dengan 'Assalamualaikum Beijing', Asma kembali menginspirasi untuk film 'Surga yang Tak Dirindukan'. Film yang dibintangi oleh Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella dan Raline Shah ini direncanakan rilis pada 15 Juli 2015. Kisah poligami masih akan diangkat dalam film yang mengambil lokasi syuting di Yogyakarta itu. 

Poster film Surga yang Tak Dirindukan. Foto: MD Pictures

Nah itu dia enam film religi Indonesia yang diadaptasi dari novel. Dari keenam judul film tersebut, film manakah menurut Anda yang menampilkan drama sama baiknya dengan novelnya?

Baca Juga: Film-film Bertemakan Kanker di Indonesia

Loading