Sukses

News & Entertainment

Eksklusif, Ben Kasyafani Jelaskan Seputar Rencana Pernikahan

Bintang.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari pesinetron dan presenter Ben Kasyafani. Setelah sekian lama menduda, kini ia mantab untuk menikah lagi dengan Nesyana Ayu Nabila alias Ines pada 30 Juli 2016 yang akan datang. Seperti apa rencana pernikahan mereka, Ben berbagi cerita soal persiapan pernikahannya.

***

Ben Kasyafani, begitu nama lengkap pria yang memiliki profesi sebagai penyiar radio, VJ, presenter, bintang film dan bintang sinetron ini.  Setelah pernikahan pertamanya dengan bintang sinetron Adriani Marshanda harus kandas di tengah jalan, Ben sempat instrospeksi diri.  Soalnya umur pernikahan mereka masih terbilang amat singkat.

Pasangan yang mengeluti dunia entertainmen ini baru dikaruniai seorang anak yang basih balita. Namanya Sienna Ameerah Kasyafani (3 tahun). Namun keduanya sudah harus tidak menemukan kecocokan lai satu dengan yang lain. Akhirnya proses perceraian pun harus mereka lewati. Dalam proses perceraian Ben dan Caca, hak asuh atas Siena jatuh ke tangan Ben. Meski begitu tak ada halangan sama sekali bagi Caca saat hendak bertemu dan bermain dengan Siena.

Pasca perceraian, Caca dan Ben tetap berhubungan baik walau sudah tidak lagi berstatus sebagai suami dan istri. Mereka kini tetap berhubungan sebagai  sahabat satu sama lain. “Hubungan saya dan Caca sebagai suami dan istri memang sudah tidak ada lagi setelah majelis hakim memutuskan pernikahan kami. Namun dari pernikahan itu ada anak. Ada Siena yang menjadi buah hati kami berdua. Tidak ada bekas ayah dan tidak ada bekas ibu kan. Karena itu kami tetap memberikan perhatian pada Siena,” kata pria kelahiran Jakarta, 4 Juli 1983 ini.

Eksklusif Ben Kasyafani (Fotografer: Adrian Putra, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Sebagai bukti kalau Ben dan Caca masih bersahabat adalah saat Ben akan memutuskan menikah lagi, ia berbagi cerita kepada mantan istrinya. Hal serupa dilakukan Caca saat ia membina hubungan dengan Egi John, meski sekarang hubungan itu telah kandas kini.  “Siapa pun yang akan menjadi istri saya tentu akan menjadi ibunya Siena. Karena itu saya harus kenalkan dia kepada Caca. Dan ternyata Caca nyaman karena tahu Ines suka anak-anak dan dia bisa dekat dengan Siena,” ungkap Ben soal kedekatan Ines sang calon istri pada anak semata wayangnya.

Kalau tidak ada halangan selepas Idul Fitri 1437 H ini Ben dan Ines akan menggelar pernikahan di Jakarta. Tanggal dan tempat pernikahan sudah dipilih; 30 Juli 2016 di sebuah hotel berbintang lima di kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan. Soal tanggal pernikahan ini menurut Ben banyak pertimbangan mengapa tanggal itu yang akhirnya dipilih sebagai hari bahagia untuk meresmikan hubungan mereka sebagai sepasang suami istri.

Ben mengaku tidak mudah mencari gedung untuk pernikahan dalam waktu yang relatif singkat. Setelah hunting sana sini bertemulah hotel Ritz Carlton-Jakarta, Mega Kuningan, yang dulu sempat menjadi tempat bagi pasangan Nabila Syakieb dan Reshwara Argya Radinal melangsungkan akad nikah dan resepsi pernikahan.  Selain sulitnya menyewa gedung, adik Ben yang berada di Melbourne hanya bisa datang di tanggal itu. "Akhirnya dipilihkan tanggal 30 Juli 2016 itu. Kesediaan tempatnya hanya ada di tanggal itu. Selain itu pertimbangan lain adalah soal kenyamanan keluarga, momen Lebaran masih terasa. Dan pada tanggal-tanggal itu masih bisa diatur buat kerjaan, habis liburan juga kan," urainya.

Eksklusif Ben Kasyafani (Fotografer: Adrian Putra, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Meski sudah punya pengalaman menikah, menjelang pernikahan ini Ben mengaku masih saja gugup. Soalnya dirinya dan Ines memang tidak melewati proses pacaran, kenal atau ta'aruf, setelah langsung menikah.  Dan Ben mengaku senang karena mengalami proses seperti orang yang baru pertama menikah ini. Ia terus berdoa semoga dilancarkan jalannya menuju pernikahan.  Kepada Rivan Yuristiawan dan fotografer Adrian Putra ia berbagi cerita soal persiapan pernikahannya saat ditemui di loksi syuting sinetron Jawara, di bilangan Cibubur, Depok, Jawa Barat, pada Rabu (29/6/2016). Inilah petikan selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Berharap Berkah di Pernikahan Kedua

Bagi Ben, menikah adalah ibadah. Karena itu dipernikahan yang kedua ini ia berharap semoga ada keberkahan di dalamnya. Seperti doa semua orang pada pasangan yang baru menikah semoga samara alias sakinah mawaddah wa rohmah.

Apakah Anda sudah siap lepas masa duda?

Insya Allah siap. Doain dong. Kalau tidak ada halangan rencana tanggal 30 juli 2016 dari saya dan keluarga mau ada acara acara akad. Persiapan alhamdulillah sudah 90 persen. Loasinya di hotel Ritz Carlton-Jakarta, Mega Kuningan.

Kenapa Anda memilih tanggal 30 Juli 2016 sebagai hari pernikahan?

Pertama gedung penuh, bulan-bulan  itu banyak yang mau nikah kayaknya. Kedua, ada adikku Melbourne bisa datang hanya pada tanggal 30. Akhirnya kami memilih tanggal itu. Kesediaan tempatnya hanya pada tanggal itu. Pertimbangan lain ya soal kenyamanan keluarga. Momen lebaran masih terasa. Tanggal-tanggal itu masih bisa diatur buat kerjaan, abis liburan juga.

Bakal seperti apa konsep pernikahannya?

Teh Rina Gunawan yang bantuin sebagai wedding organizer-nya. Dia yang tahu detilnya. Saya belum bisa lihat desain acara pernikahannya seperti apa. 

Eksklusif Ben Kasyafani (Fotografer: Adrian Putra, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Seperti apa latar belakang Ines yang Anda ketahui?

Dia keluarganya ada Minangnya ada Jawanya juga. Tapi kalau latar belakangnya aku enggak pas juga cerita banyak. Dia sedang kuliah S2. Dia bekerja dengan ayahnya, bisnis juga, meski baru lulus kuliah.  Melalui pernikahan ini saya mau membahagiakan Ines, apalagi Ines anak pertama. 

Perkenalan atau ta’arufnya gimana?

Sebenernya ada yang bilang ta'aruf, pengennya dibilang gitu. Intinya sebenarnya prosesnya enggak pacaran, akhirnya saya bertunangan, dan selanjutnya prosesnya merencanakan pernikahan. Kita kaya langsung merencanakan. Sampai tanggal 30 Juli ini kita masih proses perkenalan satu sama lain lho.

Ngomong-ngomong Anda sudah berapa lama kenal Ines?

Kalau kenalnya sudah sekitar enam bulan lalu. Keluarga saya sama keluarga Ines sudah saling kenal. Keluarga Ines memang kenal baik, orangtua kita bersahabat.

Apakah ada persiapan khusus jelang tanggal 30 Juli?

Persiapan khusus enggak ada. Persiapannya buat saya lebih banyak pada ibadah. Proses itu yang bisa buat saya fokus.

Anda kan sudah pernah nikah, ini mau nikah lagi ada rasa deg-degan dan nervous juga?

Deg-degan dan nervous gitu terus terang masih ada. Kalau saya dulu ada pacaran, prosesnya panjang, kalau sekarang beda. Kalau nervous gugup ada juga, aku merasa ini bertanda bagus. Jadi cukup excited menghadapi semua ini.

Eksklusif Ben Kasyafani (Fotografer: Adrian Putra, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Awalnya langsung naksir Ines atau bagaimana?

Kalo ditanya awal  menjalani perkenalan enggak langsung ketertarikan kayak orang naksir itu enggak. Jadi pas dikenalin tuh 'oh yang ini', terus ada prosesnya juga. Ada sedikit mikir-mikirnya juga, ada sedikit pertimbangan juga. Prosesnya juga enggak gitu aja. Begitu pula Ines, kita
diskusi.

Emang dikenalin orang tua?

Emang mereka (orang tua) kenal, mereka bilang 'gimana mau dikenalin enggak' jadi enggak yang kayak disuruh-suruh gitu.

Anda sempat melihat foto Ines?

Enggak gitu juga, jadi awalnya orang tua cerita, saya kenal juga sama orang tuanya. Abis itu ketemu pas acara keluarga, ya sudah ada proses yang ngalir gitu aja. Yang diajarin ke saya sih kalo kita ada feeling, kita istikharoh (salat meminta petunjuk), sebut namanya. Dan sejauh ini jalannya ada aja ngalir. Esense istigharoh itu kan kalo jodoh emang didekatkan.

3 dari 3 halaman

Berharap Berkah Ramadan

Bulan Ramadan ini banyak dijadikan lahan mencari berkah, begitu juga dengan Ben Kasyafani. Seperti apa ia menemukan keberkahan dalam bulan yang lebih baik dari seribu bulan ini?

Jadi mental Anda sudah siap sekali ya untuk menikah?

Insya Allah saya siap. Banyak doa sih. Setiap apapun masih ada sebulan kan jadi terus doa biar semua dimudahkan.

Komunikasi sama Marshanda seperti apa?

Iya kita cerita tapi lebih berhubungan sama Siena. Saat saya cerita rencana meniah dengan Ines, dia ngasih support juga. Saya juga bersyukur banget.

Lebaran nanti apakah akan sama Ines?

Enggak tahu. Karena dua bulan terakhir kan emang syuting mulu, jadi enggak kepikiran. Dekat-dekat ke tanggal 30 Juli juga enggak ngambil cuti juga, ini baru kerasa, mungkin minggu depan baru kepikiran mau bikin apa tapi enggak tahu sih.

Pertemuan keluarga di lebaran?

Iya lah, pasti kita silaturahmi. Tapi belum tau detilnya di mana hari apa kita belum tau, tapi pertemuan keluarga pasti ada lah.

Seperti apa sosok Ines yang anda ketahui?

Kalo terlalu detil juga aku masih dalam proses perkenalan, jadi kalo cerita banyak saya belum sah lah. Tapi saya bisa lihat dari apa yang saya lihat ya sosoknya Ines. Dia orangnya simpel, sederhana, apa adanya, agak cuek dengan dirinya enggak terlalu macem-macem. Dia juga suka sama anak kecil, terus perhatian juga, terus friendly ketemu orang baru juga kayaknya enggak sulit, fun, family person gitu jadi emang anak rumahan. Itu aja sih yang dari sudut pandang saya.

Apakah itu sosok ideal?

Saya enggak pernah punya kriteria sih, tapi kalo dikatakan nyaman ya nyaman, sejauh ini saya ngerasa nyaman dan Sienna nyaman sama Ines, Ines juga nyaman sama Siena bukan hanya saat seneng. Saya lihat dia juga sayang  sama Siena.

Eksklusif Ben Kasyafani (Fotografer: Adrian Putra, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Kedekatan ines dengan sienna?

Setelah ada proses ini emang keluarga kan sering main sering ketemu. Saya juga lagi ada proses syuting jadi dia juga kadang bukan nyariin saya, malah nyariin Sienna buat main. Jadi alhamdulillah saya nyaman melihatnya.

Apakah Anda sengaja mencari calon istri bukan dari dunia entertain?

Enggak sih kalo itu, kayaknya memang saat kita sreg dan nyaman kan kita enggak bisa bilang kenapa, tapi rasanya tiba-tiba. Dan saya menemukannya di Ines yang kebetulan bukan dari dunia entertain. Sesimpel itu. Saya juga enggak terlalu mengkotak-kotakan.

Seperti apa kliknya?

Itu masih dalam proses juga, sampe nanti tanggal 30 Juli kita juga masih dalam tahap pengenalan juga. Orang bisa berdekatan kan entah karena apa, butuh keinginan untuk lebih kenal lagi dan itu
yang lagi kita jalani sekarang, beda sama orang pacaran.

Jadi mantab habis lebaran akan menikah?

Iya mengalir begitu aja sih tiba-tiba kita ketemu, keluarga ketemu, tanggal ketemu segala macem, mengalir aja tanpa ada rencana. Saya lihat proses ini bukan melihat saya menemukan akhir cinta, tapi ini awal semuanya.

Perkenalan singkat banget ya?

Banyak sih ada yang bilang umur kan jauh, perkenalan kan singkat segala macem, lu yakin nih? Banyak lah. Tapi saya niatnya bener sih. Saya bilang ini  karena ibadah sih, mencari sesuatu yang lebih besar, sorga. Dan saya yakin akan diberikan kemudahan.

Anda sibuk sekali di bulan Ramadan ini?

Ya begitulah, setiap hari saya siaran radio dari jam 6-10. Setelah itu lanjut ada program tv, dan selesai siaran syuting sinetron stripping ini.

Eksklusif Ben Kasyafani (Fotografer: Adrian Putra, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Terganggung tidak dengan semua kesibukan itu?

Saya agak lumayan terganggu sih. Yang paling berasa itu 10 malam terakhir saya  itikaf agak dapet sebentar hari pertama kedua dapet, hari ketiga keempat ini kosong karena baru pulang jam setengah dua malam. Lalu jam lima subuh harus jalan lagi. Tapi kan ibadah bisa macem-macam bentuknya ya, bisa zakat dan sedekah jadi kita maksimalkan rezeki yg kita dapet buat ibadah, insya Allah pahalanya sama.

Puasa udah ada yang bolong?

Alhamdulillah belum. Cuma emang syutingnya adegan jagoan-jagoan gitu jadi emang harus fight, itu bikin lemes sih apalagi kalo siang itu.

Apakah Anda masih berolahraga?

Tiga  bulan ini saya enggak bisa olahraga karena saya harus bangun pagi, weekend saya sudah cape mendingan maen sama anak. Saya kangen banget olahraga, Saya kangen banget maen bola. Minggu depan saya libur mau lari dan mau main bola. Pokoknya mau olahraga lagi.

Bagaimana cara Anda menjaga jaga kebugaran?

Vitamin sama jaga makan sih. Buah yang penting dan banyakin jalan kaki.

Ben Kasyafani berharap semua persiapan yang dilakukan menjelang hari H pernikahannya berjalan sesuai dengan rencana.

Loading