Sukses

Entertainment

Kahiyang Ayu Jadi Boru Siregar, Ini Kata Calvin Jeremy

Fimela.com, Jakarta Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution memang menarik perhatian masyarakat luas. Setelah melaksanakan pernikahan di Solo, kini mereka akan melanjutkan serangkaian acara pernikahan di Medan.

Dan acara pertama yang akan digelar adalah pemberian marga. Acara tersebut rencananya akan digelar pada 21 November 2017. Kahiyang akan diberi marga Siregar.

 

Mengapa Kahiyang Ayu diberi nama Siregar? Ini penjelasan Calvin Jeremy yang merupakan salah satu musisi Indonesia yang berdarah Batak. "Kalau di Batak khan ada istilah pariban, jadi seorang laki-laki diharapkan menikah dengan paribannya. Nah kalau si anak laki ini tak menikah dengan perempuan Batak, maka si perempuan diberikan marga tulangnya. Dalam hal ini tulangnya si Boy (suaminya Kahiyang) kan Siregar,"ujar Calvin saat dihubungi Bintang.com pada Minggu (19/11/2017).

Calvin pun menjelaskan alasan kenapa Kahiyang Ayu harus diberi marga. "Sebenarnya untuk memudahkan dalam penempatan posisi apabila dia terlibat dalam acara-acara adat seperti pernikahan dll. Tapi pemberian marga untuk beberapa kasus juga ada yang tidak dilakukan seperti misalnya Ompung Fonsi (nenek aku). Dia tidak diberikan marga karena kakek aku bilang Ompung Fonsi sudah punya marga yaitu Sipasulta. So sebenarnya diberi marga atau tidak lebih kepada penyebutan saja sebetulnya," lanjutnya.

 

"Konon katanya kalau suku Jawa dan beberapa suku lain tidak memiliki istilah Marga sehingga diperlukan adanya pemberian marga. Dalam kaitannya dengan Kahiyang karena dia orang Jawa yang tidak memiliki istilah marga, maka diperlukan bagi dia untuk diberikan marga. Tapi perlu diingat marganya itu hanya untuk hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan adat isti adat," tuturnya.

Seperti diketahui, acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan diadakan di kediamaan Bobby, di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi, Medan, Sumatera Utara. Rencananya acar aini akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 24 dan 25 November 2017.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading