Sukses

Parenting

Makanan Ini Bisa Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Sedang hamil memang tak boleh makan sembarangan. Ada beberapa makanan bernutrisi yang boleh dimakan, dan ada pula yang tidak. Anda juga harus rela meninggalkan beberapa makanan kesukaan demi menjaga kondisi kesehatan kandungan.

Terlebih dahulu, Anda perlu mengonsultasikan kondisi kehamilan dan memantau setiap minggunya perkembangan janin. Manfaatnya agar bisa mencegah dan mendapatkan penanganan lebih awal apabila ada kelainan kesehatan yang mengganggu Anda dan janin.

Dilansir oleh boldsky, ada beberapa makanan yang bisa berbahaya apabila dikonsumsi ibu hamil. Beberapa di antaranya bahkan dapat menyebabkan keguguran. Coba dibaca ya bun, agar kehamilan Anda tetap terjaga.

Ikan laut

Ikan laut atau seafood punya banyak vitamin dan protein yang tinggi. Selain itu, ikan laut juga punya kandungan Omega 3 yang terbaik. Namun, sayangnya di usia kehamilan muda, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ikan laut.

Penyebabnya hanya satu, kandungan merkuri di dalamnya bisa menyebabkan kerusakan pada otak bayi. Apalagi sekarang banyak polusi di laut, dan pencemaran-pencemaran yang masih sulit dikendalikan.

Saat hamil, lebih baik menghindari makanan seperti cumi, mackerel, udang, kepiting, dan lain sebagainya.

Makanan mentah

Makan ayam goreng tak lengkap kalau tanpa lalapan. Dan sebenarnya memang sayuran mentah jauh lebih segar dan lezat untuk teman makan lauk dan sambal. Namun, makan sayuran mentah ini bisa berbahaya bagi janin. Makanan mentah bisa saja mengandung bakteri atau virus yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan bayi.

Lebih baik dihindari terlebih dahulu, ketimbang terinfeksi virus hanya karena salah mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi.

Produk susu

Aneka produk susu umumnya tidak mengalami pasteurisasi yang sempurna, sehingga beberapa bakteri memang berkembang di dalamnya. Bakteri tersebut bisa berbahaya bagi perkembangan janin, sehingga sepanjang kehamilan disarankan untuk tidak mengonsumsi produk susu seperti keju tertentu, semisal feta dan brie. Pastikan Anda mengonsultasikan dengan dokter susu atau produk susu apa yang masih boleh dimakan.

Minuman atau makanan beralkohol

Makanan atau minuman beralkohol dapat menjadi racun yang buruk bagi ibu dan juga janin. Selain tak punya banyak nutrisi dan manfaat, alkohol dapat memicu resiko keguguran.

Buah atau sayur yang tidak dicuci

Buah dan sayur adalah makanan yang kaya nutrisi dan vitamin. Tetapi berbahaya apabila dikonsumsi tanpa mencucinya terlebih dahulu. Kandungan virus, bakteri ataupun juga pestisida di dalamnya bisa saja mengontaminasi janin dan menyebabkan janin terganggu oleh bakteri dan bahan kimia yang terbawa masuk ke dalam perut.

Nah, bunda, selalu pastikan menjaga dan mencermati info tentang makanan agar kehamilan Anda terjaga dan tetap sehat selalu ya. [initial]

BACA JUGA:

Amankah Diet Pada Saat Hamil?

5 Cara Hindari Kram Pada Kaki Saat Hamil

Cara Menyusui Tanpa Adanya Rasa Sakit di Puting

Beberapa Anjuran Setelah Alami Keguguran

Benarkah Hamil Memperbesar Ukuran Payudara?

Benarkah Telur Tidak Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin?

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading