Sukses

Parenting

Berat Badan Naik Terlalu Cepat Saat Hamil Bisa Berbahaya, Kontrol Pola Makan

Ketercukupan nutrisi pada ibu hamil secara langsung berdampak terhadap kesehatan ibu dan calon bayinya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui dengan pasti makanan apa saja yang baik untuk Anda konsumsi selama masa kehamilan.

Meski hamil, Anda harus mulai memperhatikan keseimbangan berat badan ya. Sebab, seperti dilansir dari laman , banyak ibu hamil yang beranggapan bahwa mereka harus mengonsumsi makanan untuk 2 orang.

Anggapan ini salah ya Bunda. Meski porsi makan ibu hamil memang perlu diperhatikan, tapi ibu hamil tidak selalu berarti memberi makan untuk dua orang. Sebab, makan untuk porsi dua orang justru akan membuat Anda mengalami obesitas selama kehamilan. Sementara, obesitas pada masa kehamilan justru akan membahayakan Anda pada saat melahirkan nanti.

Maka dari itu, Anda perlu mengontrol pola makan Anda. Pastikan semua kebutuhan tubuh dan janin tercukupi tanpa harus berlebihan dalam mengasup makanan. Untuk protein, Anda hanya perlu mencukupi sekitar 60 gram protein setiap harinya. Asupan protein ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi sembilan atau lebih porsi biji-bijian dan lauk-pauk. untuk memenuhi vitamin, Anda cukup mengonsumsi tujuh porsi buah-buahan dan sayuran.

Selain itu, Anda juga sudah harus membatasi atau bahkan menghindari makan makanan tinggi lemak, garam dan gula, karena bisa berakibat buruk pada janin dalam kandungan Anda.

Oiya, Anda juga sebaiknya menghindari mengonsumsi ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi seperti ikan pedang dan king mackerel. Sebagai gantinya, konsumsi udang, salmon, lele dan tuna dalam porsi yang pas.

Nah, Bunda semoga informasi ini bermanfaat ya, serta membuat kehamilan Anda berjalan lancar sampai proses melahirkan nanti.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading