Sukses

Parenting

Mom, Yuk Ketahui Tanda Buah Hati Sedang Tumbuh Gigi

Tidak ada patokan pasti di usia atau kapan bayi akan mengalami fase tumbuh gigi untuk pertama kalinya. Setiap bayi memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda. Ada yang masih berusia 4 bulan sudah tumbuh gigi, tapi ada pula yang telah berusia lebih 6 bulan giginya belum tumbuh juga. Secara umum, pertumbuhan gigi pada bayi yakni saat mereka berusia antara 4 dan 6 bulan. Bisa kurang dari waktu 4 bulan, bisa juga lebih dari 6 bulan.

Walau kita tidak mengetahui kapan buah hati akan tumbuh gigi, penting bagi kita untuk tetap mengetahui tanda-tanda bahwa buah hati sedang tumbuh gigi. Dilansir dari laman parents.com dan beberapa sumber lain, Mom bisa mengetahui perbedaan buah hati pada fase normal dan pada fase kurang nyaman karena sedang tumbuh gigi.

Berikut adalah sedikitnya 10 tanda ketika buah hati sedang mengalami fase tumbuh gigi.

  1. Frekuensi keluarnya air liur meningkat. Ketika buah hati Mom mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya, sementara usianya antara 4 dan 6 bulan atau lebih, bisa jadi buah hati akan segera atau sedang tumbuh gigi.
  2. Dagu mengalami ruam. Selain mengeluarkan lebih banyak air liur, bayi yang sedang tumbuh gigi juga akan mengalami ruam pada dagu atau sekitarnya. Ruam ini adalah hal normal akibat adanya tekanan dari dalam gusi sebagai akibat akan munculnya gigi baru. 
  3. Batuk. Semakin banyaknya air liur akibat pertumbuhan gigi bisa menyebabkan batuk. Tak hanya itu saja, ini juga memungkinkan bagi bayi mengalami flu. 
  4. Buah hati sering menggigit. Bayi yang sedang tumbuh gigi akan lebih sering dan suka menggigit. Baik itu menggigit mainan atau benda-benda di sekitarnya hingga menggigit puting Mom saat menyusui. Aktivitas menggigit ini semata-mata karena bayi ingin mengalihkan rasa sakit di gusinya akibat pertumbuhan gigi. 
  5. Sering rewel. Umumnya, bayi akan rewel saat mereka sedang tumbuh gigi. Rewel ini sendiri karena mereka merasa kurang nyaman dengan pertumbuhan giginya. 
  6. Buah hati kesakitan dan sering nangis. Untuk beberapa kasus, pertumbuhan gigi sering kali menyebabkan rasa sakit. Ini juga terjadi pada bayi. Tidak sedikit bayi yang akan merasa gusi dan mulutnya sakit akibat pertumbuhan gigi. Ini juga yang membuat mereka sering menangis. 
  7. Nafsu makan menurun. Selain makanan yang dirasa buah hati kurang enak, nafsu makan bayi akan turun ketika mereka sedang tumbuh gigi. Rasa yang tidak nyaman di mulut menjadi alasan utama kenapa nafsu makan mereka menurun. 
  8. Demam. Para ahli menegaskan bahwa fase tumbuh gigi juga sering kali diikuti dengan demam pada buah hati. Demam yang ada umumnya tidak terlalu tinggi. Biasanya berkisar pada angkat 36 sampai 38 derajat celcius. 
  9. Diare. Tidak sedikit bayi akan mengalami diare ketika mereka tumbuh gigi. Ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dicemaskan. Namun, jika diare yang dialami parah, penting bagi setiap orang tua untuk segera memeriksakan kondisi kesehatannya di bidan atau klinik terdekat. 
  10. Lemas dan susah tidur. Pertumbuhan gigi yang membuat bayi tidak nyaman akan menjadikan tidurnya kurang nyenyak dan tubuhnya lemas atau lemah. Untuk mengantisipasi hal ini, usahakan agar memastikan buah hati tenang, nyaman dan tidur cukup.


Mom, itulah beberapa tanda yang menunjukkan ketika buah hati sedang tumbuh gigi. Semoga informasi ini bermanfaat dan sebagai orang tua kita semakin tahu akan tumbuh kembang buah hati

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading