Sukses

Parenting

Menurut Studi, Makanan Cepat Saji Bisa Ancam Kesehatan Anak

Makanan cepat saji memang memiliki rasa yang enak dan siapa pun pasti akan menyukainya. Terlebih untuk anak-anak. Disadari atau tidak, anak-anak saat ini lebih suka dengan makanan dan minuman cepat saji dibandingkan dengan makanan rumahan.

Rasa gurih dan nikmat dari makanan cepat saji membuat lidah anak-anak merasa nyaman dengannya. Bahkan, sebuah studi baru menyebutkan jika anak-anak konsumsi makanan cepat saji hingga 80 persen setiap harinya. Dikutip dari laman asiantown.net, makanan cepat saji memang membuat nafsu makan anak meningkat. Makanan cepat saji juga memiliki nutrisi yang diklaim bisa membuat tumbuh kembang anak terlihat semakin cepat dan mengagumkan.

Tapi sayang, ternyata penelitian menyebutkan jika nutrisi yang terkandung di dalam makanan cepat bisa sangat berbahaya buat kesehatan anak. Tak hanya kesehatan, nutrisi ini juga berbahaya bagi kesehatan orang dewasa ketika dikonsumsi secara berlebihan setiap harinya. Makanan cepat saji dipercaya sebagai penyebab kenapa anak-anak zaman sekarang rentan mengalami obesitas, risiko stroke dini, jantung dan penyakit mematikan lainnya.

Dr Christina Roberto, seorang asisten profesor di Perelman School of Medicine, University of Pennsylvania mengatakan, "Sajian menu di restoran cepat saji seperti french fries dan minuman bersoda adalah makanan favorit anak-anak. Hampir semua anak menyukai makanan ini. Padahal, makanan ini sangat tidak sehat. Bahaya dari makanan mungkin tidak bisa dilihat saat anak masih anak-anak melainkan saat mereka telah dewasa."

"Anak tak boleh konsumsi makanan dengan jumlah kalori lebih dari 300 kalori untuk sekali makan. Tapi, dengan konsumsi makanan cepat saji seperti french fries, minuman bersoda dan sejenisnya, kalori yang masuk ke dalam tubuh mereka bisa lebih dari 450 hingga 600 kalori." Tambah Christina. Mengingat bahwa makanan cepat saji sangat berbahaya, penting bagi orang tua agar memberikan makanan yang sehat buat anak.

Penting pula bagi orang tua memasak sendiri makanan untuk anak. Sayur dan buah masih menjadi rekomendasi makanan yang penting dikonsumsi anak-anak di masa pertumbuhan mereka. Selain itu, daging dan ikan, kacang-kacangan serta makanan sehat lain juga direkomendasikan. Semoga informasi ini bermanfaat. So Mom, jangan biarkan buah hati terlalu banyak konsumsi makanan cepat saji ya

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Beragam Ide Perayaan Akhir Tahun yang Menyenangkan di Jakarta