Sukses

Parenting

Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Badan mendadak melar ketika hamil? Wajar kah? Semua wanita yang hamil tentunya mengalami kenaikan berat badan ini. Sebenarnya, wajar gak sih dengan kenaikan badan yang berlebihan ini?
Webmd.com punya jawabannya. Ya, wanita yang berat badannya normal, seharusnya mengalami kenaikan sebesar 12,5-14,5 kilogram setelah hamil. Jadi, Ladies tidak perlu khawatir dengan berat badan yang semakin menggila ini. Hal ini sangat normal terjadi.


Namun, jika berat badan Ladies di bawah normal, kenaikan 14-20 kilogram menjadi sangat lumrah. Sedangkan untuk yang memiliki berat badan di atas normal atau overweight, akan mengalami kenaikan berat badan sebesar 7,5-12,5 kilogram saja.


Terbukti bahwa kenaikan berat badan tersebut akan meningkat seiring dengan rendahnya berat badan si Ibu. Secara umum, berat badan Ladies akan bertambah sebesar 1 sampai dengan 2 kilogram selama 3 bulan pertama kehamilan. Dan kenaikan konsisten sebesar 0,5 kilogram setiap minggu selama masa kehamilan.


Nah, jadi, Ladies tidak perlu khawatir dengan kenaikan berat badan yang drastis ini ya. Apalagi untuk yang underweight, pasti tidak akan terbiasa dengan ukuran tubuh yang jumbo. Selama masih dalam batas kewajaran, kenaikan berat badan tidak akan berbahaya.


Lalu bagaimana kalau hamil bayi kembar? Apakah kenaikannya lebih besar? Secara logika, memang beratnya akan bertambah. Karena kebanyakan kasus bayi kembar cenderung terlahir prematur, maka berat badan yang tinggi akan sangat penting untuk kesehatan bayi.


Ladies, jangan ragu untuk jadi gendut ya, demi kesehatan buah hati kita.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading