Sukses

Parenting

Adakah Efek Samping Suplemen Zat Besi Bagi Ibu Hamil?

Kita semua sudah tahu ya Bu kalau orang hamil itu butuh berbagai macam vitamin dan mineral termasuk zat besi. Daging, ayam, uanggas, kacang kedelai, sereal dan oatmeal termasuk makanan yang mengandung zat besi.

Zat besi ini manfaatnya untuk memproduksi darah lebih banyak untuk ibu dan juga untuk pembentukan sel-sel bayi. Berkat zat besi juga oksigen bisa tesalurkan dari paru-paru ke organ tubuh Ibu lainnya dan juga bayi.

Tapi webmd.com mengingatkan saat Moms mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, usahakan jangan dibarengi dengan asupan berbagai makanan lain yang bisa menyerap zat besi tersebut. Berbagai asupan tersebut contohnya adalah kopi, teh, gandum beserta produk olahannya, serta susu dan berbagai jenis produk olahannya.

Semisal Ibu sarapan sereal atau oatmeal, lebih baik jangan minum kopi atau teh sesudah itu, tapi minum saja segelas jus jeruk atau minuman lainnya yang mengandung vitamin C. Vitamin C itu membantu tubuh Anda menyerap zat besi dengan lebih baik Bu.

Ibu hamil membutuhkan 27 mg zat besi setiap harinya, tapi jangan sampai melebihi 45 mg per hari saat hamil atau menyusui. Dan lebih baik lagi jika Ibu mengikuti dosis yang dianjurkan oleh dokter kandungan Anda.

Suplemen atau vitamin zat besi bisa juga menyebabkan mual, muntah, konstipasi atau sembelit, bahkan diare. Tapi kondisi itu hanya terjadi pada saat tubuh berusaha adaptasi dengan adanya tambahan zat besi yang biasanya hanya beberapa hari.

Jadi, minum air putih yang lebih banyak saja Bu, dan juga makan makanan kaya serat agar tidak sembelit.

Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading