Sukses

Parenting

Berikan Perhatian Penuh Pada Anak Dengan ADHD

Apa itu ADHD? Mungkin Anda pernah mendengarnya. ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder adalah gangguan dimana seseorang, umumnya anak-anak, sulit berkonsentrasi terhadap suatu objek dan seringnya ini akan berlanjut sampai dewasa nanti. ADHD akan sangat merepotkan karena dapat berpengaruh kemampuan bersosialisasi pada anak.

Penanganan pada ADHD dilakukan dengan cara terapi untuk berkonsentrasi mulai dari hal yang sederhana bertahap sampai yang paling kompleks. Terapi ditekankan pada kemampuan anak untuk melakukan sesuatu secara teroganisir karena penderita ADHD juga mengalami gangguan pada otak terhadap penyelesaian suatu masalah.

Peran orang tua sangatlah penting di sini. Tugas orang tua adalah menyediakan jadwal penyelesaian pekerjaan rumah dan memastikan tempat atau ruangan tempat dia bekerja bebas dari gangguan dari luar. Dengan jadwal, penderita ADHD akan terbiasa pada urutan dan batas waktu. kesalahan-kesalahan kecil pada tugas yang mudah juga adalah gejala ADHD, oleh karena itu, pengecekan pada pekerjaan rumah juga penting dilakukan.

Menurut psychcentral.com, kesabaran ekstra dibutuhkan dalam penanganan ADHD karena pembiasaan pada rutinitas adalah kunci dari terapi ADHD. Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti mengembalikan alat tulis pada tempatnya setelah digunakan, selalu menyiapkan buku pelajaran pada malam hari, dan membersihkan meja setelah belajar membuat akan membuat anak merasa memiliki tanggung jawab.


Sesekali berikanlah anak semangat untuk bisa dan jangan khawatir terhadap pemberontakan-pemberontakan kecil karena itu memang sifat alami dari ADHD.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading