Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Kecemasan Anak Sebelum Ujian

Ladies, apakah Anda sering mendapati anak cemas sebelum ujian? Untuk mengatasinya, simak tips yang dilansir oleh mayoclinic.com berikut ini.

Ladies, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberitahunya untuk belajar secara efisien. Salah satu alasan anak cemas tidak bisa sukses dalam ujian adalah karena sudah ada tugas-tugas lain yang menumpuk. Anda dapat memberikan strategi belajar yang efisien seperti manajemen waktu sehingga pikiran anak tidak terlalu terkuras dengan kecemasannya sendiri.

Yang kedua, Anda dapat menasehatinya untuk mengulangi apa yang telah ia pelajari di sekolah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan sendiri setiap harinya. Dengan cara ini, materi yang sudah anak dapatkan di sekolah akan lebih ia mengerti sehingga pada saat ujian tiba ia tidak akan cemas.

Selanjutnya, mayoclinic.com melansir bahwa Anda dapat memberikan teknik-teknik relaksasi selama ia belajar yakni mengambil nafas dalam-dalam, relaksasi otot, hingga menutup mata sejenak dengan membayangkan hasil ulangan yang baik.

Mayoclinic.com lebih jauh menambahkan bahwa kesehatan itu penting untuk dijaga selama anak belajar. Oleh karena itu, sebelum ujian pastikan anak makan secara teratur dan minum banyak air putih. Kita tidak ingin anak sakit pada waktu ujian, bukan?

Terakhir, pastikan bahwa anak berolahraga secara teratur agar pikiran dan fisiknya sama-sama fit ketika ujian tiba. Mayoclinic.com juga menambahkan bahwa berolahraga juga dapat menyegarkan otak anak yang sudah bekerja keras untuk belajar.

Ladies, semoga ujian anak Anda sukses ya!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading