Sukses

Parenting

Seputar Obat Batuk Bayi dan Balita Anda

Tidak ada yang lebih membuat hati sedih daripada saat anak sakit batuk. Dan meski obat batuk bayi memang banyak dijual di pasaran, namun anda mungkin khawatir dengan efek samping yang mungkin timbul. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan sebelum anda mengunjungi dokter.

Ketika bayi anda sakit batuk atau pilek, pastikan si kecil minum ASI yang banyak. ASI mengandung gizi yang baik bagi bayi anda dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi anda. Jika anak anda berusia di atas satu tahun, anda bisa memberikan campuran madu, perasan lemon dan air hangat untuk anak anda.

Seperti yang dilansir situs doktersehat.com, campuran madu dan lemon bisa membantu melegakan tenggorokan dan mengatasi infeksi. Namun beberapa penanganan beberapa produksi madu tidak terjamin kesterilannya, sehingga hal ini menjadi beresiko jika diberikan kepada anak berusia dibawah satu tahun. Jika anda ingin memberikan madu kepada anak anda, ada baiknya anda mengulus madu tersebut terlebih dahulu selama 15-20 menit.

Jaga agar tubuh anak anda tetap hangat dengan memberikan minyak telon atau minyak kayu putih. Untuk anak anda yang berusia diatas dua tahun, anda bisa memberikan sup kaldu hangat atau teh jahe dengan madu untuk menghangatkan tubuh anak anda.

Seperti yang dilansir situs balitapedia.com, jika batuk anak anda tidak kunjung sembuh atau disertai muntah dan demam tinggi, anda harus segera berkonsultasi ke dokter anak. Hal yang juga perlu diwaspadai juga adalah jika batuk disertai dahak yang berwarna hijau, kuning, coklat, atau disertai bercak darah.

Oleh: Teylita A

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading