Sukses

Parenting

Inilah Perkembangan yang Ditunjukkan Bayi Berusia 1 Sampai 3 Bulan

Bayi yang baru lahir terlihat tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan. Mereka hanya tidur sepanjang waktu. Jangan salah ladies, meskipun si kecil lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, hal ini tidak berarti bahwa mereka tidak menunjukkan perkembangan apapun.

Di awal kelahirannya, bayi belum memahami apapun. Mereka masih “blur” dengan disusui, dimandikan, diganti popoknya, maupun dininabobokan. Setelah beberapa minggu, mereka akan mulai memahami hal tersebut dan kebiasaan-kebiasaan yang dialaminya.

Mereka juga akan mulai mampu untuk mengenali suara, wajah, dan sentuhan. Karena anda adalah orang paling familiar dengan mereka, maka suara, wajah, dan sentuhan andalah yang paling awal dinotice oleh buah hati. Pastikan bahwa ladies berada pada posisi yang tepat ketika menghadap si kecil karena kemampuan indera penglihatan mereka belum bisa fokus jika anda berada di jarak lebih dari 12 inchi.

Hal lain yang juga mulai dikenali oleh si kecil adalah pattern yang ada di sekitar mereka, terutama pattern yang berwarna hitam dan putih.

Sementara itu, perkembangan motorik yang bisa ditunjukkan oleh bayi yang berusia 1 sampai 3 bulan adalah mereka bisa mengangkat kepada sedikit dan menoleh ke kanan dan ke kiri saat anda mengangkat mereka. Tetapi leher mereka masih belum siap untuk mengangkat kepala.

Karena ini adalah masa-masa awal si kecil berada bersama anda, maka gunakan waktu 3 bulan pertama ini untuk mengenal mereka lebih jauh. Habiskan waktu anda bersama mereka dan belajarlah sinyal-sinyal apa yang ditunjukkan anak saat mereka mengantuk atau lapar. Dengan begitu anda tanggap dan tahu apa yang harus anda lakukan saat bayi mulai rewel.

Selain itu, untuk mengimprove kemampuan kerja otot bayi, gunakan mainan. Dorong di kecil untuk melihat dan meraih mainan yang anda berikan padanya. Pastikan bahwa mainan yang anda berikan sesuai dengan umur anak dan tidak membahayakan mereka.

Sesering mungkin, bawalah di kecil keluar rumah. Biarkan mereka menghirup udara segar di luar rumah, merasakan hembusan angin, dan mendengar suara-suara yang “baru”. Pergilah jalan-jalan dan bawa si kecil untuk duduk di taman. Biarkan mereka melihat ke sekelilingnya.

Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah sering-seringlah untuk membuat eye contact. Ketika anda berbicara, menyanyikan mereka sebuah lagu, atau membacakan mereka cerita, pastikan bahwa anda melihat buah hati anda tepat di matanya untuk meningkatkan kedekatan emosional anda dan bayi anda.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading