Sukses

Parenting

Bayi Baru Lahir, Haruskah Dimandikan?

Mandi sebanyak dua sampai tiga kali adalah hal yang wajar bagi anak-anak dan orang dewasa. Sedangkan untuk bayi, apakah mereka juga harus dimandikan dua sampai tiga kali setiap hari?

Untuk buah hati yang baru lahir, ada baiknya jika ladies tidak memandikan mereka sampai tali pusarnya lepas. Anda cukup membersihkan badan mereka dengan lap yang telah dicelup ke dalam air hangat. Setelah tali pusar bayi terlepas dan kering—biasanya setelah dua minggu setelah bayi lahir, barulah ladies boleh memandikan mereka.

Mengingat bayi masih belum memiliki banyak kegiatan yang membuat mereka kotor dan berkeringat, maka ladies tidak harus memandikan buah hati anda. Jika ladies ingin memandikan mereka, maka dua atau tiga kali saja dalam seminggu sudah cukup.

Saat memandikan si kecil, ladies cukup memakai air hangat saja tanpa sabun. Jika anda ingin menggunakan sabun untuk membersihkan badan buah hati anda, maka pastikan bahwa sabun yang anda gunakan adalah sabun khusus untuk bayi yang tidak membuat kulit bayi anda mengalami iritasi.

Terutama jika buah hati ladies terlihat tidak nyaman untuk mandi, maka sebaiknya anda tidaks erring-sering memandikan mereka di awal kelahirannya. Sedangkan jika bayi anda merasa senang dengan aktivitas mandinya, maka anda bisa memasukkan mandi sebagai daily routine buah hati anda.

Untuk memandikan buah hati anda, tempatkan mereka dalam bak mandi khusus bayi yang sudah diisi dengan air hangat setinggi 3 inchi saja. Pastikan pula bahwa sebelum memandikan si kecil dan menempatkan mereka ke dalam bak mandi, anda sudah menyiapkan semua peralatan yang anda butuhkan di dekat anda.

Dalam memandikan bayi, gunakan satu tangan sebagai tumpuan kepala dan leher si kecil. Gunakan tangan lainnya untuk membasahi tubuh si kecil dengan air dan menggosok-gosok badan si kecil dengan sabun. Sering-seringlah membasahi tubuh buah hati anda dengan air agar mereka tidak merasa kedinginan.

Sedangkan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kepala dan muka bayi, gunakan handuk kecil atau kain lap yang telah dicelup ke dalam air.

Setelah memastikan bahwa semua bagian tubuh si kecil sudah dibersihkan, siram tubuh bayi dengan air hangat yang bersih. Selanjutnya, angkat si kecil dari bak mandi dan keringkan tubuh mereka dengan memakai handuk kering yang bersih. Jika buah hati ladies cenderung memiliki kulit yang kering, maka jangan lupa untuk mengoleskan lotion bayi ke tubuh bayi setelah mereka selesai mandi.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading