Sukses

Parenting

5 Aktivitas Menyenangkan untuk Meningkatkan Kreativitas Anak

Fimela.com, Jakarta Anak-anak pada dasarnya kreatif. Tugas kitalah sebagai orangtua untuk membantu dan memfasilitasinya untuk mengasah dan meningkatkan daya kreativitasnya. Dengan cara-cara sederhana pun kita bisa membantu meningkatkan daya kreativitas anak dengan efektif.

Dilansir dari youngparents.com.sg, Dr Henry Toi dari Mulberry Learning Centre merekomendasikan sejumlah aktivitas yang bisa kita lakukan bersama anak untuk meningkatkan daya kreativitasnya. Lima di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengarang Cerita

Kumpulkan sejumlah benda atau mainan. Lalu bersama anak, kita bisa coba mengarang cerita berdasarkan benda-benda tersebut. Ceritanya tak harus yang logis. Bebaskan anak untuk menggunakan imajinasinya.

2. Memasak dan Membuat Kue Bersama

Mempercantik bahan makanan yang akan dimasak. Menghias kue yang akan dipanggang. Berbagai kegiatan dalam aktivitas memasak dan membuat kue bersama bisa mengasah daya kreativitas anak. Anak pun bisa sekaligus belajar untuk tidak terlalu pilih-pilih makanan. Dia pun nantinya akan lebih semangat makan dari hasil buatannya sendiri.

3. Membuat Kerajinan Tangan

Membuat karya dan menghasilkan sesuatu dari kedua tangan kita bisa jadi cara efektif meningkatkan daya kreativitas. Izinkan anak untuk berkreasi. Bimbing anak untuk bebas menggunakan imajinasinya dalam membuat kerajinan tangan. Gunakan aneka pensil, crayon, dan spidol warna-warni untuk menciptakan banyak inspirasi baru dalam berkreasi.

4. Menceritakan Ulang Cerita yang Dibaca

Setelah membaca atau mendongengkan cerita pada anak, coba arahkan anak untuk menceritakan ulang ceritanya. Bisa memakai bahasa sendiri. Boleh juga mengubah alur atau akhir ceritanya.

5. Mengklasifikasikan Benda-Benda

Kalau anak punya banyak koleksi mainan aneka hewan, kita bisa memintanya untuk mengklasifikasikan hewan-hewan tersebut. Misalnya, hewan yang berkaki dua, berkaki empat, mana yang herbivora dan karnivora, dan sebagainya. Kegiatan ini bisa jadi sebuah tantangan sendiri yang cukup menyenangkan bagi anak.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan daya kreativitas anak. Kita juga bisa menggunakan berbagai macam sumber inspirasi untuk mengasah kreativitas anak dengan cara yang menyenangkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading