Sukses

Parenting

5 Manfaat Punya Kebun di Rumah untuk Anak-Anak

Fimela.com, Jakarta Ada dua jenis orang yang menyukai jenis rumah tertentu, ada yang suka memiliki kebun di rumahnya, dan ada juga yang tidak. Orang yang punya lahan tanam atau kebun di rumah sepertinya punya kelebihan yang tak dimiliki pemilik rumah tanpa kebun, yaitu membangun karakter baik dan interakssi dengan anak. Ini manfaatnya punya kebun dan suka berkebun di rumah untuk anak.

1. Mengajak anak lebih aktif

Anak akan didorong untuk lebih aktif di luar rumah, mengenal lingkungannya dan tidak takut kotor. Berkebun menjadi kegiatan fisik yang bisa setara seperti olahraga intensitas menengah.

2. Melepaskan stres

Berkebun juga menajdi salah satu kegiatan relaksasi atau healing yang menyenangkan. Anak umumnya suka bermain dan berkegiatan di luar rumah, dan berkebun pasti menjadi kegaiatan yang bisa menjaga kesehatan mentalnya dengan baik.

3. Udara segar

Anak lebih dekat dengan alam dan lebih merasa santai sekaligus bisa menjaga kesehatan pernapsaan karena mendapat udara segar dari tanaman di sekitarnya. Ketika tubuh mendapat udara segar cukup, maka tubuh akan meregulasi metabolisme dengan leih baik. Tubuh juga akan lebih banyak melepas hormon kebahagiaan.

4. Makan lebih sehat

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki kebun sendiri dan suka berkebun akan mendorong anak untuk menjalani pola hidup sehat dan memilih makanan sehat untuk dikonsumsi dibandingkan mereka yang tak punya kebun di rumah.

5. Family time

Orangtua dan anak akan menjadi lebih dekat karena memiliki waktu bersama untuk dihabiskan. Interaksi ini membantu membangun ikatan keluarga yang lebih harmonis dan saling memahami satu sama lain.

Jadi, itu sekian manfaat punya kebun di rumah dan mengajak anak untuk ikut berkebun bersama.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tantangan Mengasuh Anak yang Kerap Dialami Orangtua Masa Kini
Artikel Selanjutnya
Alasan Membiarkan Anak Bertengkar di Rumah Itu Baik untuk Mereka