Sukses

Parenting

4 Manfaat Mendongeng untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Fimela.com, Jakarta Nutrisi tidak cukup untuk membuat anak berkembang dengan baik, stimulasi dan cinta orangtua pun menjadi hal yang diperhatikan orangtua.

Salah satu bentuk stimulasi yang dapat dilakukan orangtua adalah dengan memperkenalkan dongeng sejak dini kepada anak. Menurut psikolog klinis, dra. Ratih Ibrahim, M.M., ada banyak manfaat yang didapatkan ketika orangtua membacakan dongeng pada si kecil seperti menstimimukasi kemampuan bahasa, perkembangan imajinasi, berpikir logis dan kritis, serta meningkatkan daya ingat dan pemahaman.

“Mendongeng stimulasi yang menyenangkan, orangtua bisa berinterkasi dengan anak, bonding antara orangtua dan anak,” ujarnya dalam acara Dancow.

Manfaat lainnya

Psikolog, Ratih Ibrahim, juga mengatakan beberapa manfaat mendongeng lainnya, seperti:

1. Karakteristik anak

Mendongeng dalat membentuk karakteristik pada anak. “Dongeng jadi cara luar biasa efektif untuk membangun karakterstik anak, seperti mengajak anak berfikir dengan menyenangkan. Kita juga bisa mengajarkan moral-moral pada anak,” ujarnya.

2. Membuat anak belajar banyak

Psikolog Ratih mengungkapkan, dongeng cara stimulasi anak belajar banyak. Dari dongeng anak akan lebih berani mengeksplore, berani melangkah. Alhasil anak pun hadi lebih kreatif.

3. Kepemimpinan

Anak-anak akan belajar permasalahan lewat dongeng tersebut, jadi si kecil berani menghadapi tangangan. Anak-anak juga belajar tokoh-tokoh dalam dongeng tersebut, membuatnya memiliki jiwa kepimpinan.

4. Kepedulian

Dalam dongeng tentu banyak pesan moral dan amanat yang membuat si kecil belajar menjadi peduli dengan orang lain.

 

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading