Sukses

Parenting

5 Manfaat Bermain Catur untuk Anak di Era Digital

Fimela.com, Jakarta Catur bukan hanya saja bisa dimainkan untuk orang dewasa, permainan papan strategi ini baik dikenalkan pada anak sejak dini. Walau saat ini sudah banyak permainan canggih di smartphone, namun ada baiknya untuk tetap mengajarkan anak permainana mengasah otak seperti catur. Sebab main catur dapat memengaruhi kecerdasaan si kecil.

Berikut ini rangkuman Fimela.com beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika anak bermain catur melansir dari berbagai sumber.

1. Berpikir kritis dan kreatif

Permainan catur menutut kita berpikir kreatif untuk memiliki strageti menjatuhkan lawan. Untuk itu, anak dituntut untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis cara bermain lawan dan menyusun strategi agar menang. Jika terbiasa berpikir, anak akan memiliki pemikiran yang kritis dan kreatif.

2. Melatih konsentrasi anak

Permainan catur merupakan sebuah permainan yang bisa melatih konsentrasi anak. Hal ini dikarenakan pada karakteristik dari permainan catur yang memaksa anak untuk fokus dalam melihat berbagai peluang yang ada saat gilirannya tiba.

3. Melatih kesabaran dan bekerja keras

Catur melatih kesabaran karena jika ingin menang tentu harus bersabar menunggu peluang yang baik. Terus berlatih bermain catur akan membuat anak memiliki banyak pengalaman akan kekalahan sehingga ia akan selalu berusaha untuk menghindarinya.

4. Meningkatkan IQ

Main catur merangsang perkembangan dendrit anak. Sebuah penelitian membuktikan bahwa terjadi peningkatan IQ pada anak yang telah bermain catur dalam waktu empat bulan.

5. Meningkatkan kemampuan matematika

Matematika yang merupakan kemampuan dari otak kiri banyak berkontribusi di dalam permainan catur. Matematika telah menyatu di dalam permainan catur. Jadi, bisa dikatakan bahwa manfaat main catur untuk anak bisa meningkatkan kemampuan matematikanya.

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
MPASI Organik Mampu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak
Artikel Selanjutnya
4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Anak untuk Merayakan Ramadan Selama Karantina