Sukses

Parenting

4 Masalah yang Sering Dihadapi Remaja di Era Digital

Fimela.com, Jakarta Kemajuan teknologi membuat remaja saat ini menghadapi masalah yang belum pernah dilihat generasi sebelumnya. Meskipun beberapa masalah bukanlah hal baru, media elektronik telah mengubah atau memperkuat beberapa perjuangan yang dihadapi kaum muda. Prevelensi komunikasi digital telah mengubah cara remaja berinteraksi dengan teman sebayanya dan minat romantis mereka. Karena banyak anak kekurangan keterampilan komunikasi antarpribadi yang penting seperti cara menangkap isyarat sosial. Berikut ini adalah beberapa masalah sosial yang hidapi anak remaja di era digital.

Depresi

Menghabiskan banyak waktu di depan perangkat elektronik dapat mencegah remaja melakukan aktivitas langsung dengan teman sebanyanya seperti olahraga, yang dapat menangkal depresi. Mereka juga mengalami kondisi baru seperti takut ketinggalan berita atau fomo yang selanjutnya merah pada perasaan kesepian dan menyendiri.

Tekanan Teman Sebaya

Meskipun tekanan teman sebaya bukanlah masalah baru, media sosial membawanya pada tingkat yang sama sekali baru. Sexting, misalnya adalah penyebab utama kekhawatiran karena memiliki banyak remaja tidak memahami konsekuensi seumur hidup dari berbagi foto eksplisit dalam hidup mereka. Bicara dengan anak tentang apa yang harus dilakukan jika mereka membuat kesalahan. Terkadang anak-anaka dapat membuat pilihan yang buruk dan mungkin terlalu takut untuk mencari bantuan. Pastikan anak-anak tidak takut dengan orangtua ketika mereka memiliki masalah.

Penggunaan Media Sosial

Facebook, Instagram, dan Twitter bisa menjadi cara yang bagus bagi remaja untuk terhubung satu sama lain, tetapi media sosial bisa menjadi masalah karena beberapa alasan. Misalnya media sosial dapat membuat anak rentan terhadap cyberbullying, atau lainnya. Media sosial dapat berdampak negatif pada persahabatan dan mengubah cara remaja berkencan. Bahkan ini dapat memengaruhi kesehatan mental mereka.

Kekerasan

Para anak remaja akan menyaksikan beberapa tayangan kekerasan pada satu waktu atau lainnya. Tapi bukan hanya TV, musik, dan film yang menggambarkan kekerasan. Banyak tanyangan kekerasan dewasa ini menampilkan adegan kekerasan dan tindakan agresif lainnya yang dapat diikuti oleh anak-anak.

Berikut beberapa masalah sosial yang dapat mengganggu  anak remaja di era digital saat ini. Tetap jaga anak dan pantau kegiatan yang dilakukan anak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Bacaan Doa Ketika Anak Sakit agar Lekas Sembuh
Artikel Selanjutnya
Seberapa Pentingkah Konsultasi dan Periksa Kehamilan? Berikut Jawaban Dokter