Sukses

Parenting

Menjadi Pemalu, Ini 3 Cara Sederhana Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Fimela.com, Jakarta Jika Mom menyadari bahwa kepercayaan diri pada anak menurun, Mom mungkin akan mencari strategi untuk membangun kepercayaan diri. Meskipun tidak dapat menghentikan anak untuk menilai secara kasar bagaimana kemampuan dan tubuh mereka cocok dengan orang lain, ada beberapa cara untuk memberikan dukungan seperti berikut ini.

Dorong Anak untuk Menghargai Keterampilan Mereka

Mom dapat membangun kepercayaan diri dengan menekankan pentingnya bakat anak-anak. Misalnya, Mom dan keluarga menghargai akademisi dan mengabaikan atletik. Namun, kebetulan anak hebat dalam olahraga bola basket tetapi lemah di kelas. Hal ini dapat menimbulkan rasa percaya diri yang rendah karena dia tidak pandai dalam akademis. Jadi, berikan ia dukungan penuh atas keterampilannya.

Dengarkan dan Perhatikan

Kita sudah tahu bahwa hadiah terbesar yang bisa kita berikan kepada anak-anak adalah waktu dan perhatian yang tidak terbagi. Fakta ini terutama benar dalam kaitannya dengan membangun kepercayaan diri. Mendengarkan tidak harus dilakukan dalam jumlah besar agar efektif. Bahkan sepuluh menit perhatian bernilai lebih dari tiga jam untuk bersama tetapi tidak pernah benar-benar fokus pada apa yang dikatakan anak.

Menjadi pendengar yang baik berarti tidak memberikan penilaian, kritik atau bahkan nasihat. Cukup dengarkan apa yang dikatakan anak dan nyatakan kembali komentarnya untuk menunjukkan bahwa Mom mendengarkan.

Biarkan Mereka Merasakan Kegagalan

Ketahanan dalam menghadapi kegagalan dapat membantu mengurangi risiko kecemasan dan depresi dan anak-anak mungkin perlu belajar bagaimana menghadapi kegagalan tetapi tidak menghindarinya.

Orang-orang memperoleh rasa kompetensi dengan mengambil tantangan baru dan berhasil di dalamnya. Jika Mom mencegah kegagalan, mencegah anak mencoba hal-hal baru itu hanya akan menghambat mereka dalam membangun kepercayaan diri. Remaja belajar ketahanan dan keterampilan mengatasi saat menghadapi masalah. Lebih baik lagi, ketika mereka mencapai tujuan yang mereka cari, mereka mendapatkan rasa kepemilikan dan kemampuan yang tulus.

Kepercayaan diri perlu dibangun sejak dini pada anak, ini dapat membantu mereka agar lebih berani untu mencapai segala tujuan mereka.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

;
Loading