Sukses

Parenting

5 Olahan Makanan Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan Anak Usia 2 Tahun

Fimela.com, Jakarta Ketika anak memasuki usia dua tahun, biasanya mereka sudah bisa menjadi pemilih makanan. Entah karena mereka bosan dengan menu makanannya, atau mungkin karena rasanya tak cocok di lidah mereka. 

Belum lagi, balita pada umur dua tahun rentan mengalami kekurangan berat badan karena makanan yang mereka konsumsi cenderung rendah kalori. Hal ini juga akan mempengaruhi tumbuh kembangnya, karena berat badan yang kurang dari rata-rata, akan menghambat pertumbuhan badannya secara keseluruhan. 

Meski begitu, kamu juga tak boleh sembarangan memberi anak makanan yang tinggi kalori untuk meningkatkan berat badannya. 

Beberapa makanan berkalori tinggi seperti permen, kue, coklat, ataupun minuman manis memang pasti akan disukai oleh anak, tetapi kenaikan berat badan karena makanan-makanan tersebut tidak akan membuat anak sehat, justru malah berisiko membuat anak obesitas. 

Fimela.com telah merangkum 5 rekomendasi olahan makanan sehat tinggi kalori bagi anak dua tahun dari berbagai sumber yang bisa memenuhi nutrisi dan menambah berat badan anak. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Kentang Goreng

Siapa, sih, yang tak suka kentang goreng? Makanan ini biasanya disajikan sebagai appetizer atau cemilan setelah menyantap menu utama. Kentang juga bisa disajikan sebagai menu utama, karena mengandung karbohidrat yang tinggi dan mampu memenuhi nutrisi makro bagi tubuh anak-anak. 

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram kentang mengandung 347 kalori dan bisa menambah asupan energi harian si kecil. 

Cara pengolahannya pun mudah, berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya: 

Bahan: 

  • 5 buah kentang
  • 1 sdm garam
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdm tepung maizena
  • 500 ml air untuk rebus kentang
  • Minyak goreng

Langkah pembuatan: 

  1. Kupas kentang lalu potong-potong menjadi potongan dadu agar mudah dicerna
  2. Cuci bersih kentang yang sudah dipotong hingga air bilasannya jernih, lalu tiriskan
  3. Panaskan air dalam panci sampai mendidih, tambahkan bawang putih dan garam, masukkan kentang selama 3-5 menit
  4. Angkat kentang, tiriskan, lalu rendam di dalam air es selama 10 menit hingga kentang tidak terasa panas, lalu tiriskan hingga kering
  5. Masukkan tepung maizena ke dalam wadah, lalu masukkan kentang kering dan aduk hingga rata
  6. Panaskan minyak dengan api sedang, tunggu hingga minyak panas, lalu goreng sampai kering. Lalu, kentang goreng siap dihidangkan

Sup Ayam

Menu satu ini bisa dijadikan sebagai menu sarapan, makan siang, ataupun ketika ia sedang sakit. Dengan makan makanan berkuah, akan membuat tubuhnya menjadi lebih hangat dan tenggorokannya menjadi lebih segar. 

Siapkan bahan-bahan untuk membuat sup ayam, seperti bawang bombay, seledri, wortel, kaldu ayam, serta potongan daging ayam yang telah dipotong kecil-kecil agar mudah dicerna. 

Setelah itu, rebus semua bahan menggunakan kaldu ayam yang telah disiapkan, dengan ditambahkan minyak kelapa. Sajikan selagi hangat agar lebih nikmat. 

Popsicle Alpukat

Menu yang ketiga adalah es krim popsicle alpukat. Es krim ini bisa kamu buat secara home-made dan pastinya akan disukai oleh anak balita karena rasanya yang segar dengan manis yang alami. Memberikan es kepada balita sesekali tidak ada salahnya, apalagi jika dijadikan sebagai makanan selingan sesuai dengan jadwal makan anak. 

Cara membuatnya pun mudah, kamu hanya membutuhkan 1 buah alpukat, dan 500 ml yogurt atau susu untuk membuat es popsicle alpukat untuk diblender dan dimasukkan ke dalam cetakan es krim untuk disimpan di dalam freezer hingga membeku. 

Smoothie Buah

Hampir sama dengan cara pembuatan popsicle alpukat, kamu juga bisa membuat smoothie buah untuk menambah berat badan anak, khususnya bagi balita umur 2 tahun. 

Pisang merupakan buah yang tepat untuk dijadikan smoothies karena termasuk buah yang padat energi dan mengandung kalori yang tinggi. Cara pembuatannya juga mudah, campurkan yogurt, pisang ataupun buah-buah lainnya, serta es batu ke dalam blender hingga semua bahan tercampur halus.

Apel Selai Kacang

Cemilan yang satu ini merupakan cemilan sehat yang sederhana. Kamu hanya membutuhkan satu buah apel untuk bisa dipotong-potong menjadi banyak bagian, dan tambahkan selai kacang dengan ¼ sdt bubuk kayu manis agar bisa menambahkan rasa menjadi lebih gurih, dan aduk hingga rata ke seluruh bagian apel. Maka, cemilan tersebut siap disajikan. 

Selamat mencoba!

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Bernutrisi yang Bisa Bantu Anak Tumbuh Tinggi
Artikel Selanjutnya
Lakukan 6 Aktivitas Ini untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik dan Sensorik Anak