Sukses

Parenting

Konsumsi Ikan Selama Masa Kehamilan, Bermanfaat Untuk Perkembangan Otak Anak

Fimela.com, Jakarta Ikan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ikan mengandung banyak nutrisi penting, seperti protein dan vitamin D, juga Ikan juga merupakan sumber asam lemak omega-3. Hal tersebut merupakan bukti bahwa ikan memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Ibu hamil direkomendasikan untuk makan ikan, karena kaya akan manfaat. Ikan memberikan nutrisi penting yang mendukung perkembangan otak anak, yang mempengaruhi kecerdasan anak. Untuk itu, konsumsi ikan untuk ibu hamil sangatlah dianjurkan. Melansir dari What To Expect, Ibu hamil dan menyusui harus makan 8 hingga 12 ons (dua hingga tiga porsi) ikan rendah merkuri setiap minggu, menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat. 

Ikan merupakan bagian dari pola makan yang sehat dan memberikan nutrisi penting selama kehamilan, menyusui, dan/atau anak usia dini untuk mendukung perkembangan otak anak karena mengandung Omega-3 (disebut DHA dan EPA) dan lemak omega-6, zat Besi, Yodium (selama kehamilan) dan Kolin

Kolin juga mendukung perkembangan sumsum tulang belakang bayi. Ikan menyediakan zat besi dan seng untuk mendukung sistem kekebalan anak-anak. Ikan merupakan sumber nutrisi lain seperti protein, vitamin B12, vitamin D, dan juga selenium. 

 

Manfaat konsumsi ikan selama masa kehamilan

Melansir dari What To Expect, ikan benar-benar menawarkan manfaat besar bagi ibu hamil dan bayi mereka yang sedang berkembang. Berikut beberapa manfaatnya

Mendukung pertumbuhan janin. 

Ikan adalah sumber protein tanpa lemak tingkat pertama, asam amino esensial yang membantu menciptakan semua sel bayi, dari kulit, otot, hingga rambut dan tulang.

Baik untuk otak bayi. 

Jenis ikan yang lebih berlemak khususnya, seperti salmon, adalah sumber asam lemak omega-3 DHA, yang telah terbukti meningkatkan kekuatan otak bayi. Ini lebih penting daripada sebelumnya pada trimester ketiga, ketika masa pertumbuhan otak bayi.

Meningkatkan memori. 

Berbicara tentang peningkatan kekuatan otak, mendapatkan cukup omega-3 juga dapat meningkatkan daya ingat 

Meningkatkan suasana hati

Asupan asam lemak omega-3 yang cukup dan terutama DHA telah terbukti mengurangi risiko depresi selama kehamilan serta depresi pasca persalinan.

Dapat mengurangi risiko kelahiran prematur. 

Para ilmuwan telah mengamati bahwa tingkat kelahiran prematur lebih rendah di daerah dengan asupan ikan yang tinggi dan dengan risiko kelahiran prematur yang lebih rendah. Beberapa penelitian memang mengaitkan asupan omega 3 yang memadai (baik melalui ikan atau suplemen)

Ikan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil

Berikut beberapa ikan yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil, dilansir dr FDA Amerika

  • Ikan Kakap
  • Ikan Salmon
  • Ikan Pollock
  • Ikan Sarden

Sedangkan untuk seafood lainnya yang aman dan baik untuk dikonsumsi yaitu;

  • Scallop
  • Cumi
  • Udang
  • Lobster

Makanan diatas aman untuk dikonsumsi dengan catatan harus matang 100 persen, tidak boleh setengah matang apalagi tidak matang. Selain itu penting untuk menghindari ikan yang mengandung banyak merkuri seperti Tuna Mata Besar (Big Eye)

 

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading