Sukses

Parenting

Kapan Sebaiknya Mulai Memberikan Ikan ke Bayi? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Ikan merupakan sumber nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang anak. Ikan mengandung berbagai sumber nutrisi yang tak hanya baik untuk pertumbuhan anak tetapi juga sangat baik untuk membangun kecerdasan anak. Tidak heran jika para ahli gizi menyarankan agar Mom memberikan asupan ikan ke bayi sejak ia masih di kandungan maupun saat ia diperkenalkan dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Namun Mom, melansir dari laman parents.com, orangtua perlu sangat hati-hati sebelum memberikan asupan ikan ke bayi. Orangtua harus tahu betul kapan ia bisa mulai memberikan ikan ke bayi dan jenis ikan apa saja yang boleh diberikan.

Kapan Sebaiknya Memperkenalkan Ikan ke Bayi?

Penelitian mengungkapkan jika bayi usia 0 - 6 bulan sebaiknya diberikan ASI Eksklusif. Dalam artian, bayi sebaiknya diberikan asupan berupa ASI (Air Susu Ibu). Saat bayi sudah berusia 6 bulan yakni menginjak 7 bulan, inilah saatnya untuk ia diperkenalkan dengan MPASI. Saat diperkenalkan dengan MPASI, ada beragam makanan yang bisa diberikan ke bayi. Salah satu makana tersebut adalah ikan. 

Mengutip dari  laman Baby Center, menurut The American Academy of Pediatrics (AAP) bayi usia 6 bulan ke atas sudah bisa diperkenalkan dengan ikan. Dengan catatan, bayi telah diperkenalkan makanan lain seperti sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, daging dan sejenisnya. 

Orangtua juga sangat perlu hati-hati saat memberi ikan ke bayi. Perhatikan apakah ada reaksi alergi pada  bayi atau tidak saat ia diberikan ikan. Beberapa bayi bisa saja mengalami alergi saat diberi sumber protein seperti ikan, telur atau kacang-kacangan. Ketika bayi ada reaksi alergi, segera hentikan pemberian ikan padanya. Konsultasikan segera ke dokter jika alergi yang ditunjukkan parah atau menimbulkan gejala lain selain ruam dan gatal-gatal di kulit. 

Jenis Ikan Terbaik untuk Bayi

Pada dasarnya semua jenis ikan yang dijual di pasaran mengandung nutrisi yang baik. Bayi boleh diberikan berbagai jenis macam ikan saat ia MPASI. Jenis ikan laut seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, ikan teri dan ikan kakap atau ikan air tawar seperti ikan gabus, ikan gurame, ikan nila, ikan lele, ikan patin dan sejenisnya mengandung omega 3 dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuh kembang bayi. 

Dengan adanya banyak jenis ikan di pasaran, Mom tak perlu khawatir memberikan ikan terbaik untuk bayi. Selama ikan dimasak hingga benar-benar matang dan diolah dengan bersih juga sehat, tentunya ini juga menyehatkan buah hati. Itulah sekilas mengenai kapan sebaiknya memberi ikan ke bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading