Sukses

Parenting

Hari Ibu, Ragam Support System yang Dibutuhkan Ibu Agar Terhindar dari Stres dan Depresi

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang ibu merupakan tanggung jawab dan komitmen seumur hidup yang harus dijalani seseorang. Selain itu, ada banyak peran yang harus dijalani seorang ibu. Mulai dari menjadi chef, guru, karyawan, dan masih banyak lagi yang mengharuskan seorang ibu untuk bisa melakukan multifungsi.

"Fungsinya mengasuh, mengasihi, dan mengasah anak. Bagaimana bisa memberikan stimulasi yang tepat, mengasihinya dengan kasih sayang, memberikan nutrisi. Siapapun bisa menjadi dan berperan sebagai ibu," kata Irma Gustiana, Clinical Psikolog dan Founder Klinik Ruang Tumbuh.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022 1 , 12,72% perempuan di Indonesia menjalani peran sebagai kepala rumah tangga. Data ini menunjukkan peran ibu yang kini semakin sentral menjalani berbagai peran dalam lingkup keluarga karena kebutuhan maupun dorongan untuk mandiri. Di saat yang sama, menjalani berbagai peran memberikan tantangan tersendiri bagi ibu seiring sulitnya membagi waktu, misalnya antara bekerja dan mengurus anak, yang berpotensi mendorong kelelahan fisik dan emosional.

 

Support system untuk ibu

Dengan begitu banyaknya peran yang dijalani seorang ibu, support system yang ada di sekitarnya menjadi begitu penting. Sehingga ibu terhindar risiko stres hingga depresi yang membahayakan kesehatan mental.

Menurut Irma, support system menjadi begitu penting bagi seorang ibu untuk menciptakan keseimbangan hidup dan memberikan kemudahan dalam menjalani perannya. Terlebih kini semua hal berubah dengna begitu cepat yang mendorong ibu untuk lebih adaptif.

"Oleh karenanya, memiliki support system bisa membantu ibu lebih optimal dalam mengalokasikan waktu dan energi untuk lebih banyak hal yang bermakna," kata Irma.

Irma menyebut ada tiga support system penting bagi seorang ibu, di antaranya.

 

1. Keluarga

Di masa pandemi, ada banyak orang yang kehilangan sosok ibu sehingga secara terpaksa menjalankan peran ibu di rumah. Tanggung jawab yang diberikan secara mendadak membuat seseorang cenderung tidak sempat memproses apa yang sebenarnya terjadi. Sehinggga dibutuhkan dukungan sosial dari keluarga untuk bisa menerima dan menjalani peran ibu dengan maksimal.

Selain itu, anak yang sudah memasuki usia dewasa cenderung sibuk dengan aktivitasnya sendiri. Hingga terkadang melupakan keberadaan sang ibu. Hanya dengan ditanya kabarnya saja terkadang sudah memberikan dorongan semangat hidup bagi seorang ibu.

2. Teknologi

Kemajuan teknologi saat ini memang memudahkan hampir semua aspek kehidupan. Hampir semua peran ibu terbantu dengan adanya teknologi. Mulai dari memesan makanan, belanja kebutuhan sehari-hari, hingga mendapatkan informasi saat dibutuhkan bisa terpenuhi berkat teknologi.

3. Diri sendiri

Meski support system di sekelilingnya sudah maksimal, terkadang ibu melupakan diri sendiri. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi saat ini yang bisa menjadi social pressure bagi seorang ibu sehinggga membuat selalu merasa kurang. Menurut Ima, jadi diri sendiri itu penting bagi seorang ibu.

"Ibu-ibu kita jaman dulu itu belajarnya sendiri. Mengasuh anak itu tidak terpengaruh medsos. Sekarang ibu stres karena kecenderungan merefleks kehidupan ibu ibu lain. Itu sebabnya ibu sekarang mudah sekali merasa di lowest point. Merasa ga cukup baik untuk berperan sebagai ibu," kata Irma.

 

Pasti Ada Waktunya untuk Ibu

Di momen Hari Ibu kali ini, Blibli mengingatkan kembali untuk memberikan dukungan yang penuh bagi peran seorang ibu. Dengan kampanye Pasti Ada Waktunya untuk Ibu, Blibli menggelar program Hollyay Market yang berlaku pada 17-24 Desember 2022 yang menghadirkan rangkaian penawaran istimewa untuk berbelanja kebutuhan harian, kado Natal, dan Tahun Baru, serta mewujudkan wishlist akhir tahun.

Program Holiyay Market juga menghadirkan kurasi terbaik atas berbagai produk 100% orisinal yang bisa menjadi inspirasi hadiah untuk ibu, mulai dari kategori Skincare & Make Up, Kitchen Appliances, Luxury Goods, Bouquet & Chocolate, serta Jewellery. Semua itu disertai dengan layanan antar 2 jam pasti sampai (untuk kota-kota tertentu), peluang gratis ongkos kirim (ongkir) berkali-kali, dan masih banyak penawaran seru lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading