Sukses

Parenting

5 Tanda Bayi Siap Diberi MPASI agar Tumbuh Kembangnya Optimal

Fimela.com, Jakarta Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) perlu memperhatikan tanda siap makan si kecil. Selain itu, usia dan kemampuan oromotorik bayi juga perlu diperhatikan sebelum diberi MPASI. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memberikan MPASI untuk pertama kalinya kepada bayi.

WHO dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan pemberian MPASI pertama pada bayi di usia enam bulan. Mengutip buku 567 Fakta tentang MPASI, organisasi kesehatan anak di Amerika, American Academy of Pediatrics (AAP), merekomendasikan pemberian MPASI pada usia enam bulan untuk bayi yang mendapat ASI eksklusif, serta di usia 4-6 bulan untuk bayi yang mendapat susu formula. Berikut ini lima hal lain yang bisa menjadi tanda bayi siap diberi MPASI. Simak uraiannya di bawah ini.

1. Adanya Kontrol Kepala

Tanda bayi siap makan adalah adanya kontrol kepala. Bisa dilihat dari kepala bayi yang bisa tetap tegak dan stabil saat didudukkan. Selain itu, bayi juga menunjukkan ketertarikannya terhadap makanan dan tetap lapar walau sudah diberi ASI.

 

 

2. Meningkatnya Kemampuan Oromotorik Bayi

Kemampuan oromotorik bayi yang berhubungan dengan kemampuan mengunyah dan menelan sudah baik. Di usia 4-6 bulan, gerakan rahang dan lidang terarah ke depan dan belakang serta atas-bawah. Bayi juga sudah bisa menarik bibir bawah ketika sendok ditarik dari mulut. Kemampuannya memindahkan makanan dari bagian depa ke belakang mulut untuk ditelan juga baik.

 

 

3. Sistem Pencernaan Bayi Mulai Matang

Pemberian MPASI dini, saat bayi masih berusia di bawah empat bulan bisa membahayakan dirinya. Salah satu alasannya adalah karena sistem pencernaannya belum matang. Sistem pencernaan bayi mulai matang dan siap makan saat usianya menginjak empat bulan.

 

 

4. Adanya Pematangan Sistem Neuromuskular

Pematangan sistem neuromuskular (saraf dan otot) sangat berpengaruh terhadap keterampilan makan pada bayi. Selain itu, berbagai reflesk yang timbul pada tingkat perkembangan bayi di usia tertentu dapat memfasilitasi pengenalan tekstur makanan.

 

 

5. Meningkatnya Perkembangan Motorik Umum

Saat bayi sudah bisa duduk dengan bantuan dan kepala tegak, serta tangan yang sudah bisa meraih benda di sekitarnya, dan dapat mengambil makanan dari sendok, ini menunjukkan adanya peningkatan dalam perkembangan motorik umumnya. Hal ini juga bisa menjadi tanda si kecil sudah siap diberi MPASI.

Itu tadi lima hal umum yang bisa menjadi tanda bayi sudah siap diberi MPASI. Semoga bisa jadi tambahan informasi yang bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading