Sukses

Parenting

Cara Mengatasi Pilek pada Bayi di Rumah dan Tahu Kapan Harus ke Dokter

Fimela.com, Jakarta Semua bayi dilahirkan dengan kekebalan tertentu terhadap penyakit. Meski begitu, sistem kekebalan baru mereka membutuhkan waktu untuk matang sepenuhnya. Hal ini membuat bayi rentan terhadap infeksi virus yang menyebabkan pilek.

Melansir heatline.com, ada lebih dari 200 jenis virus yang dapat menyebabkan pilek. Untungnya, sebagian besar pilek yang dialami bayi akan membantu meningkatkan kekebalannya. Meski begitu, flu pertama mereka bisa mengkhawatirkan bagi orangtua.

Pilek biasa pada bayi baru lahir tidak berbahaya, tetapi dapat dengan cepat meningkat menjadi kondisi seperti pneumonia atau croup. Setiap penyakit pada bayi di bawah 3 bulan adalah alasan untuk memanggil dokter anak, terutama jika demam.

Lalu bagaimana gejalanya? Hidung tersumbat atau meler mungkin merupakan petunjuk pertama bahwa bayi baru lahir pilek. Kotoran hidung bayi mungkin mulai encer dan bening, tetapi berubah menjadi lebih kental dan berwarna hijau kekuningan selama beberapa hari. Ini normal, dan tidak berarti pilek bayi semakin parah.

Gejala lain termasuk, rewel, demam, batuk, terutama pada malam hari, bersin, nafsu menyusui berkurang, kesulitan menyusui atau minum botol karena hidung tersumbat, atau sering tertidur.

Bagaimana cara merawat bayi yang baru lahir dengan flu?

Dalam banyak kasus, pengobatan flu melibatkan langkah-langkah untuk membantu meredakan gejala dan menjaga bayi tetap nyaman. Ini mungkin termasuk membantu mereka tetap terhidrasi, menggunakan pelembab, atau menyedot lendir hidung untuk membersihkan hidung yang tersumbat.

Obat bebas, termasuk penurun demam dan obat flu, tidak boleh digunakan kecuali diarahkan oleh dokter.Perawatan di rumah untuk pilek bayi baru lahir terdiri dari membantu mereka merasa nyaman.  Yang boleh dan tidak boleh dilakukan meliputi:

Lakukan

Berikan banyak cairan, termasuk ASI atau susu formula (jika bayi Anda tidak minum ASI).  Sedikit air dapat ditawarkan kepada bayi Anda jika mereka berusia di atas 6 bulan. 

Sedot lendir hidung menggunakan tetes garam dan bola hisap. Melembabkan udara dengan pelembab kabut dingin.  Perlu diingat bahwa pelembap air panas tidak disarankan dan dapat menimbulkan risiko terbakar, terutama bagi anak-anak yang lebih tua dan ingin tahu.

Jangan dilakukan 

Antibiotik tidak bekerja pada virus dan tidak boleh diberikan sebagai pengobatan flu. Pereda demam over-the-counter (OTC), termasuk Tylenol Bayi, tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah 3 bulan kecuali diarahkan oleh dokter bayi. 

Periksa dengan dokter anak sebelum memberikan segala jenis obat OTC kepada bayi di bawah 1 tahun.  Obat-obatan ini mungkin juga tidak direkomendasikan untuk bayi yang muntah. A

spirin tidak boleh diberikan kepada bayi atau anak. Obat batuk dan pilek tidak dianjurkan untuk anak di bawah 4 tahun. Obat gosok uap, bahkan yang diformulasikan untuk bayi, dapat mengiritasi saluran pernapasan.  Jangan gunakan ini pada kulit atau di alat penguap untuk anak di bawah 2 tahun. Jangan biarkan bayi tidur tengkurap. 

 

Kapan harus ke dokter dan Cara Awal Mengatasi Pilek

Bayi di bawah usia 3 bulan harus diperiksakan ke dokter jika terkena flu.  Ini akan membantu mengesampingkan kondisi yang lebih serius, dan juga akan menenangkan pikiran orangtua. Demam adalah salah satu cara tubuh bayi bekerja untuk melawan pilek. 

Meski begitu, demam 100,4 ° F (38 ° C) atau lebih tinggi pada bayi yang berusia di bawah 3 bulan memerlukan panggilan ke dokter.Berapa pun usia mereka, demam yang berlangsung lebih dari 5 hari memerlukan panggilan ke dokter. Awasi semua gejala bayi. 

Mereka harus menemui dokter jika mereka memiliki salah satu dari gejala berikut: ruam, muntah, diare,  batuk persisten atau croupy, tangisan yang terdengar tidak biasa, kesulitan bernapas, retraksi - ketika area di bawah dan di antara tulang rusuk dan di leher tenggelam dengan setiap upaya untuk menarik napas lendir kental atau berdarah dari hidung atau mulut.

Demam lebih dari 5 hari, menggosok telinga mereka, atau tanda ketidaknyamanan fisik atau rasa sakit di mana saja di tubuh, tanda-tanda dehidrasi, seperti tidak mengompol sebanyak biasanya, penolakan untuk menyusui atau mengambil botol semburat, kebiruan di sekitar bantalan kuku atau bibir

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading