Sukses

Parenting

6 Tips Mudik Bawa Bayi dari Perlengkapan hingga Cara Membawa MPASI

Fimela.com, Jakarta Lebaran tinggal hitungan hari lagi, mudik pun menjadi salah satu tradisi yang biasa dijalakan umat muslim. Namun, perjalanan mudik akan sangat menantang ketika membawa bayi.

Bayi yang rewel, menyiapkan ASI, hingga MPASI menjadi beberapa keribetan yang akan dihadapi orangtua saat mudik. Maka ada beberapa hal harus disiapkan agar mudik berjalan aman dan nyaman.

1. Mempersipakan mood kedua orangtua

Mudik bersama bayi dan balita harus dirancang dengan matang dari jauh hari sebelumnya. Selain memilih moda transportasi yang paling nyaman, mood kedua orangtua juga sangat menentukan suasana hati si kecil.

Agar si kecil tak mudah rewel, orangtua harus tetap tenang dan tidak cepat panik ketika terjadi sesuatu di luar perkiraan.

2. Buat si kecil nyaman

Hal pertama yang dilakukan adalah pertimbangkan terlebih dahulu jenis transportasi apa yang hendak dipilih. Idealnya, memilih jenis transportasi dengan waktu tempuh yang paling minimal sehingga membuat si kecil lebih nyaman.

Pertimbangkan juga apakah moda transportasi yang dipilih dapat mengakomodasi peralatan penunjang untuk si kecil seperti membawa stroller.

Gunakan pakaian yang nyaman agar saat di perjalanan anak tidak merasa panas, posisi duduk yang nyaman seperti ketika masih bayi bisa menggunakan car seat. Jika perlu, bagaian belakang mobil buat kasur agar anak bisa istirahat lebih nyaman.

3. Hindari membaca buku dan bermain gadget dan jangan lupa membawa mainan favorit

Membaca buku dan melihat gadget akan meningkatkan risiko mabuk. Baiknya membawa mainan favorit si kecil agar ia lebih nyaman untuk mengalihkan apalagi ia mulai rewel.

4. Bawa perlengkapan bayi

Siapakan satu tas yang mudah terjangaku untuk membawa perlengkapan bayi, seperti pakaian ganti, diaper, makanan, susu, tisu, hingga termometer.

5. MPASI

dr. Tan Shot Yen mengatakan jika ingin membawa MPASI sebaik hal pertama yang perlu diperhatikan ialah kebersihan makanan agar tidak terkontaminasi bakteri. Lalu, disarankan makanan tidak mmudah basi seperti mengandung santan.

Ia juga menyarankan, jika ada sudah naik teksture, orangtua bisa menyiapkan telur pindang dan nasi yang dibungkus daun. Dan jika membawa MPASI harus mempertahan suhu.

"MPASI yang berada di suhu ruangan hanya bertahan selama dua jam . Dan jika menggunakan cooler bag harus dengan suhu di bawah 5 derajat atau sekaligus di atas 60 derajat celcius tidak boleh kurang karena bakteri mudah berkembang biak dan mengontaminasi makanan," ujarnya.

6. Istirahat

Jika mudik dengan waktu tempuh yang jauh dan begitu macet, baiknya usahakan untu anak istirahat bisa dengan melipir terlebih dahulu ke rest area. Hal ini agar si kecil tidak lelah dan berujung rewel.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading