Sukses

Parenting

4 Jenis Makanan yang Bisa Menambah Nafsu Makan pada Anak

Fimela.com, Jakarta Anak-anak sering kali akan mengalami kesulitan untuk makan karena berkurangnya nafsu makan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya saja karena adanya rasa selektif dalam memilih makanan atau kondisi kesehatan si kecil. 

Sebagian besar orang tua dapat menjumpai masalah ini sehingga berusaha untuk mencari solusinya dengan menggunakan suplemen nutrisi. Suplemen dipilih sebagai cara yang mudah untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Akan tetapi, Mom juga bisa memanfaatkan beberapa makanan untuk dicoba di rumah.

Merangkum dari Food Ndtv didukung sumber-sumber lainnya, inilah sejumlah rekomendasi jenis makanan yang dapat menambah nafsu makan anak. Cek penjalasannya di bawah ini.

1. Makanan yang Kaya akan Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menimbulkan anemia dan memengaruhi nafsu makan pada anak-anak. Itulah sebabnya asupan zat besi di dalam tubuh anak perlu untuk ditingkatkan supaya dapat meningkatkan nafsu makan.

Makanan seperti bayam, telur, tahu, kentang, dan tomat merupakan sederet makanan yang kaya akan zat besi. Jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, kacang lentil, dan kacang kenari juga dapat dijadikan sebagai camilan untuk meningkatkan nafsu makan. Makanan dengan zat besi bisa dikombinasikan dengan vitamin C agar dapat meningkatkan penyerapan pada tubuh. 

 

 

2. Makanan dengan Kandungan Zinc

Zinc adalah mineral yang sangat dibutuhkan tubuh terutama dalam pertumbuhan dan perkembangan di masa anak-anak. Kadar zinc di dalam tubuh yang rendah dapat menurunkan nafsu makan. Zinc juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, kekurangan zinc dapat memengaruhi tubuh untuk rentan terhadap infeksi dan penyakit. 

Makanan yang mengandung zinc dapat ditemukan pada biji labu, kacang-kacangan, buncis, bayam, dan jamur. Produk susu dan sereal juga memuat kandungan zinc yang cocok dikonsumsi oleh anak. 

Kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang mete dapat dimasukkan sebagai menu kudapan harian untuk penambah nafsu makan. Tak hanya kandungan zinc, kacang juga memiliki protein yang baik untuk tubuh. 

3. Makanan Probiotik

Kondisi kesehatan bisa membuat anak kehliangan nafsu makannya. Apabila masalah pencernaan menjadi penyebabnya, maka makanan yang mengandung probiotik dapat menjadi menu andalan untuk mengembalikan nafsu makan. Yoghurt bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan. Di samping itu, kalsium dalam yoghurt juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. 

Sebaiknya, pilih makanan probiotik, seperti yoghurt yang telah terbukti aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Pastikan tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan supaya tidak berdampak buruk bagi kesehatan. 

4. Makanan Berbahan Dasar Buah

Memasukkan buah-buahan ke dalam makanan bisa membantu untuk mengembalikan nafsu makan anak. Contohnya seperti buah apel dan stroberi yang dapat menarik perhatian anak-anak. Sebagai alternatif yang baik untuk tubuh, smoothie buah juga dapat menumbuhkan nafsu makan. Gunakan buah yang dapat disukai anak dan bisa membuat mereka tertarik untuk mencobanya. 

Demikian pilihan makanan yang dapat Mom tambahkan ke dalam menu makanan sehari-hari untuk anak. Meningkatkan nafsu makan pada anak tidak dapat dilakukan dengan mudah, tetapi harus melalui proses hingga anak kembali makan dengan lahap. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading