Sukses

Parenting

Kenali Dampak Negatif Screen Time Berlebih bagi Anak

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela mungkin tidak asing lagi dengan istilah screen time. Screen time merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan lama seseorang menatap layar. Layar yang dimaksudkan di sini adalah layar ponsel, komputer, tablet, televisi, dan video game.

Penggunaan perangkat-perangkat tersebut mempermudah berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah untuk orang tua. Saat sedang sibuk dan tidak sempat menemani buah hati, ponsel atau televisi adalah pilihan yang efektif.

Anak-anak bisa mengetahui banyak hal lewat video-video yang ditonton, tulisan yang dibaca, atau bahkan game yang dimainkan. Tapi faktanya, penggunaan perangkat ini terkadang digunakan secara berlebih dan menimbulkan kecanduan. Sebelum memberikan screen time pada anak, yuk kenali 4 dampak negatif screen time berlebih bagi anak-anak dilansir dari Forbes.

1. Gangguan Tidur

Radiasi yang dihasilkan ponsel, televisi, dan komputer dapat menyebakan mata mudah merasa lelah dan nyeri. Sehingga tidur kurang berkualitas karena tidak merasa rileks. Screen time berlebih juga akan menimbulkan kecanduan sehingga anak akan memilih untuk tidak tidur dan fokus pada layar mereka.

2. Risiko Obesitas

Anak yang memiliki screen time berlebih akan cenderung memilih melanjutkan menonton atau bermain game daripada makan.  Selain itu, apabila anak-anak mengonsumsi tontonan makanan tidak sehat, mereka akan cenderung mengikutinya dan makan makanan kurang sehat. Ditambah dengan waktu tidur yang kurang karena kecanduan juga meningkatkan risiko obesitas.

3. Anak Menjadi Kurang Aktif

Banyaknya screen time yang dikonsumsi anak menyebabkan waktu mereka untuk beraktivitas dengan sekitar kurang. Sedikitnya interaksi dengan sekitar bisa membuat anak menjadi kurang aktif atau pasif daripada anak-anak lain di usianya. Apabila telah mencapai berat badan berlebih, anak juga akan semakin malas untuk aktif karena merasa cepat lelah.

4. Kurang Fokus Saat Belajar

Screen time pada anak sebenarnya dapat berdampak positif apabila masih dalam batas wajar dengan pengawasan orang dewasa. Tapi, apabila screen time anak menjadi tidak terkendali, maka mereka hanya akan fokus pada layar mereka. Hal ini menyebabkan daya ingat dan konsentrasi anak untuk belajar akan berkurang. Sehingga terjadi penurunan nilai akademik di sekolah.

Nah, sekarang Sahabat Fimela telah mengetahui dampak negatif screen time berlebih bagi anak-anak. Screen time  mungkin dapat berdampak positif bagi anak dan orang tua apabila dalam batas yang wajar. Tapi, perlu Sahabat Fimela ketahui bahwa penggunaan perangkat ponsel, komputer, atau televisi juga perlu diimbangi dengan aktivitas dengan sekitar ya!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading