Sukses

Parenting

5 Tips Melatih Anak saat Masuk Sekolah untuk Pertama Kali

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua harus mengenali karakteristik anak dan cara mengatasinya. Ketika anak mulai masuk sekolah apalagi untuk pertama kalinya, ada rasa malu atau takut yang dihadapinya. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar anak lebih bersemangat untuk memulai tahun ajaran baru.

Pahami bahwa anak telah terbiasa bersama dengan orangtua, sehingga terkadang ada rasa takut akan perpisahan. Jelaskan kepada anak bahwa orangtua harus berpisah sebentar dengan bahasa yang mudah dipahami sesuai karakteristiknya. Berikan hadiah atau reward ketika anak bisa memahami suatu kondisi.

Ketidakhadiran orangtua dipercaya menjadi salah satu faktor utama ketakutan anak ketika mulai produktif sekolah. Jelaskan kepada anak mengapa dirinya harus pergi sekolah dan dampingi sementara waktu hingga anak mengerti dan bergaul dengan teman-temannya. Maka dari itu, berikan anak kesiapan akan pendidikan sebelum memulainya di sekolah untuk pertama kali. Bagaimana jika anak belum siap padahal sudah umurnya? Berikut ada beberapa tips penting bagi orangtua untuk bisa membimbing anaknya secara mental siap untuk masuk sekolah untuk pertama kali. 

1. Penjelasan Mengenai Sekolah

Berikan penjelasan kepada anak mengenai pentingnya sekolah. Ceritakan bagaimana sekolah adalah tempat yang penting untuk membangun pendidikan. Sekolah adalah salah satu unit terpenting bagi bekal masa depan. Berikan gambaran siapa saja yang akan ditemuinya di sekolah. Kepada siapa saja anak harus memperhatikan dan bergaul. Berikan banyak pengetahuan mengenai fungsi dan jenis guru yang ada di sekolah. Sekolah adalah tempat yang asik untuk bergaul dan belajar. Berikan anak rasa syukur bisa bersekolah dan bertemu dengan teman-teman yang seumuran dengannya. Berikan dukungan dengan mengatakan bahwa sekolah sangat menyenangkan. 

2. Pergaulan dengan Teman Sebaya

Latih anak untuk berinteraksi dengan anak seumurannya. Dampingi anak dan yakinkan bahwa orang tua mereka ada untuknya selama masa beradaptasi dan sampai seterusnya. Usahakan untuk tenang dan sabar dalam bergaul. Jangan memaksakan suatu pertemanan. Melatih kesopanan dan pola pikir yang saling menghargai antar teman sebaya. 

3. Persiapkan Buku dan Peralatan Sekolah

Hal yang paling penting adalah persiapkan buku dan peralatan sekolah. Berikan peralatan sekolah yang lucu dan menggugah rasa senang ketika belajar. Berikan peralatan yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhannya. Buat anak lebih konsentrasi dalam menyusun buku pelajarannya. Bawa buku pelajaran sesuai dengan kegunaannya. 

4. Perasaan dan Lingkungan

Tanyakan perasaan sebelum dan sesudah anak pergi ke sekolah untuk pertama kalinya. Antar anak untuk melihat ruang kelas dan menemui guru barunya. Tanyakan kondisi di kelas saat sudah selesai sekolah. Apakah anak merasa ada yang mengganjal atau mengganggu aktivitasnya. Hal ini dilakukan agar anak lebih terbuka dalam menyampaikan pendapat dan perasaannya. Sehingga, anak tidak merasa tertekan dan merasa didengar. 

5. Sarapan Tepat Waktu

Hal yang paling utama adalah sarapan sebelum sekolah dan membawa bekal yang lezat. Bekal yang lezat juga menjadi faktor anak suka pergi ke sekolah. Anak akan merasa penasaran akan bekal apa yang dibawanya hari ini. Bisa jadi, anak akan bertukar makanan dengan temannya di kelas. Hal ini sangat menyenangkan dan membuat anak lebih teratur. Terutama jika anak sarapan sebelum berangkat ke sekolah. 

Nah itu dia beberapa tips menarik yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika anak mereka mulai memasuki sekolah untuk pertama kalinya. Jangan gegabah dan pikirkan karakteristik anak ya! Semoga bermanfaat. 

Penulis: Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading