Sukses

Parenting

Prenatal Yoga Bermanfaat Bagi Ibu Hamil untuk Tubuh Sehat dan Bebas Stres Agar ASI Lancar

Fimela.com, Jakarta Ketika hamil banyak hal yang harus dipersiapkan bahkan sebaiknya sebelum hamil. Hal utama harus dipersiapkan ialah Air Susu Ibu atau ASI yang menjadi asupan bagi si kecil di fase awal kehidupan.

Diketahui minimal memberikan ASI eksklusif sampai enam bulan dan jika bisa ASI diberikan hingga anak berusia dua tahun. ASI penting untuk tumbuh kembang anak bahkan dapat mencegah stunting.

Melihat pentingnya ASI, maka ada baiknya para ibu mulai mencari informasi mengenai bagaimana memberikan ASI kepada anak sebelum melahirkan, agar nanti saat anak lahir ibu sudah siap harus melakukan apa. Sebab ada beberapa masalah ASI yang dihadapi, misalnya ASI sedikit atau tidak keluar hingga puting ibu bisa lecet.

Apalagi, menurut data WHO (2016), cakupan ASI eksklusif di seluruh dunia hanya sekitar 36% selama periode 2007-2014. Pencapaian ASI eksklusif di Indonesia tahun 2016 sebesar 54%, namun kembali mengalami penurunan di 1 2 tahun 2017 hanya 35% (Kementerian Kesehatan RI, 2017).

Uung Victoria Finky atau founder Mom Uung juga menyampaikan masih rendahnya cakupan keberhasilan pemberian ASI Eksklusif pada bayi dipengaruhi banyak faktor, diantaranya rendahnya pengetahuan dan kurangnya informasi mommy mengenai manfaat ASI bagi pertumbuhan dan perkembangan baby.

“Maka dari itu Mom Uung hadir untuk mempermudah para mommy mendapatkan edukasi tentang pentingnya ASI eksklusif bagi bayi,” kata Uung dalam acara Mom Uung prenatal yoga di Pullman Central Park Jakarta, pada hari Minggu, 5 Mei 2024.

Hal tersebut dibenarkan oleh medical obgyn Mom Uung, dr.Agus Heriyanto,SpOG.MARS.MM.CHt, ia mengatakan jika meski menyusui muncul setelah melahirkan namun ada baiknya untuk mencari informasi jauh sebelum melahirkan agar saat lahiran sudah siap untuk menyusui.

“Kita mau memberikan edukasi jadi selama ini kan orang setelah melahirkan baru sibuk mencari pengetahuan tentang menyusui. Padahal ada baiknya sebelum melahirkan sudah mencari-cari mengenai menyusui. Jadi, persiapan menyusui itu dilakukan dari masa kehamilan” tambahnya.

Prenatal Yoga Agar Ibu Hamil Tidak Stres

Agar tubuh ibu hamil tetap sehat ada baiknya untuk melakukan berolahraga atau exercise. dr. menyarankan bisa dengan prenatal Yoga.

"Exercise itu dibutuhkan ibu hamil untuk mempersiapkan tubuhnya dan nafasnya untuk menyambut persalinan Nanti. Apalagi, keluhan ibu hamil banyak sekali mulai dari pinggang pegal. Maka prenatal yoga banyak manfaatnya, ibu hamil bisa berolahraga dengan aman, banyak penelitian yang membantu jalannya persalinan, bisa mengatasi back pain di punggung, keluhan2 itu lebih ringan, dan otot dilatih maka kekuatan saat persalinan akan berguna," katanya.

Sebelum yoga, dr menyarankan untuk memeriksa terlebih dahulu kepada dokter kandungan untuk mengetahui kondisi kandungan aman atau tidak. Biasanya,ia menyampaikan di trimester awal sebaik tidak disarankan.

"Jika dokter kandungan menyatakan aman sebenernya mau trimester berapapun silahkan. Tapi banyak kehamilan di trimester awal jangan, tapi balik lagi bisa didiskusikan dengan dokter spognya jadi dokternya enak kapan," katanya.

Namun sayangnya, dr menyampaikan belum ada penelitian hubungan antara yoga dan memperbanyak ASI. Namun, agar ibu meminimalisir keluhan hamil dan mengurangi stres bisa dengan prenatal yoga. Sebab stres dan tidak nyaman memengaruhi kualitas ASI.

"Ibu stres dan nggak nyaman aja memengaruhi kualitas menyusuinya karena konsep hormonal di otak akan terganggu dengan adanya hormon tertentu yang dapat menghambat. Jadi dengan yoga bisa healing, seneng happy. Jadi produksi dan kualitasnya pasti akan disesuaikan," paparnya.

Hal ini yang menjadi landasan Mom Uung mengadakan prenatal yoga di Pullman Central Park Jakarta, pada hari Minggu, 5 Mei 2024, untuk 300 ibu hamil secara gratis.

"Acara prenatal ini merupakan rangkaian dari bagaimana Mom Uung mengemas acara, supaya ibu hamil bisa aktif berolahraga, dan bisa berpengaruh pada tumbuh kembang janinnya, serta dapat memperlancar nutrisi ibu ke janin," kata Uung

Layanan dari Mom Uung ini merupakan upaya untuk mendukung visi untuk mensukseskan ibu menyusui supaya bisa mengASIhi hingga 2 tahun.

“1.000 hari kehidupan itu menentukan masa depan anak kita, makanya kita sampai adain prenatal yoga ini biar bumil semua makin yakin mengasihi. jadi, bareng Mom Uung habis ini gak ada alasan untuk gagal menyusui ya!” pesan terakhir yang disampaikan oleh Uung saat menutup sesi materinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading