Sukses

Parenting

Manfaat Hypnobirthing untuk Ibu Lebih Tenang Saat Persalinan

Fimela.com, Jakarta Meskipun sebagian besar Ibu hamil sangat menantikan untuk bertemu dengan bayinya, proses melahirkan sebenarnya dapat menimbulkan emosi yang berbeda-beda, termasuk ketakutan akan nyeri persalinan. Untungnya, ada banyak pilihan berbeda untuk mengatasi rasa sakit saat melahirkan, termasuk hipnosis melalui teknik yang disebut ‘Hypnobirthing’.

Melansir dari momjunction.com, Hypnobirthing adalah salah satu metode yang mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Menurut para ahli, pendekatan persalinan ini bertujuan untuk mempersiapkan Ibu hamil menghadapi proses melahirkan dengan mengajarkan teknik khusus yang membantu mereka mengelola stres, kecemasan, ketakutan, dan rasa sakit selama persalinan. Selain itu, fokusnya adalah menciptakan pengalaman melahirkan secara tenang dan alami, yang dapat membantu mengurangi kebutuhan akan operasi caesar darurat atau elektif.  

Hypnobirthing menggabungkan visualisasi, latihan pernapasan, dan afirmasi untuk membantu orangtua yang melahirkan melalui ketidaknyamanan. Hal ini dimaksudkan untuk membawa tubuh Sahabat Fimela ke dalam kondisi relaksasi mendalam, yang memungkinkan otot bekerja secara maksimal saat melahirkan.

Teknik Hypnobirthing

Dilansir dari momjunction.com, berikut beberapa teknik yang bisa Sahabat Fimela pelajari untuk merilekskan tubuh sebelum dan selama persalinan hingga melahirkan.

1. Afirmasi kelahiran

Ini adalah pernyataan positif yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri, menghilangkan rasa takut, dan menciptakan pola pikir positif selama kehamilan dan persalinan. Sahabat Fimela dapat mengucapkannya dengan lantang, menulisnya di buku harian. 

2. Visualisasi

Teknik ini melibatkan membayangkan lokasi atau pemandangan yang tenang, yang dapat membantu melepaskan ketegangan, mengurangi rasa takut, dan meningkatkan relaksasi. Alternatifnya, Sahabat Fimela dapat memvisualisasikan berbagai tahapan persalinan, sehingga membuatmu merasa seperti partisipan aktif dalam proses persalinan.

3. Pernapasan

Menarik napas secara perlahan dan dalam dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan saat melahirkan dengan memberikan efek menenangkan. Saat Ibu hamil berlatih pernapasan dalam, fokus mereka beralih dari rasa sakit ke pernapasan berirama, sehingga membantunya merasa rileks.

4. Meditasi

Meditasi dapat membantu meningkatkan konsentrasi selama persalinan sehingga Sahabat Fimela tidak terpengaruh oleh kebisingan tambahan atau hal-hal yang terjadi di sekitarmu.

5. Hipnosis diri

Ini adalah proses membawa diri sendiri ke dalam keadaan hipnosis relaksasi mendalam di mana individu dapat memberikan sugesti ke pikirannya. Tujuannya untuk membuat perubahan positif dalam pikiran dan perasaan seseorang dalam mengurangi stres dan kecemasan.

6. Perhatian

Mindfulness adalah praktik untuk hadir dan terlibat sepenuhnya dalam momen saat ini sembari mengamati pikiran, perasaan, dan sensasi tubuh tanpa menghakimi. Pendekatan ini membantu mencapai keadaan pikiran yang tenang dan fokus.

Manfaat Hypnobirthing

Melansir dari motherandbaby.com, mempunyai rencana melahirkan adalah hal yang biasa, tetapi tidak peduli seberapa banyak kamu merencanakannya  Sayangnya, hal itu tidak selalu berjalan sesuai keinginan, jadi yang terbaik adalah bersiap menghadapi perubahan yang tidak terduga. 

Melalui mempelajari teknik Hypnobirthing , Sahabat Fimela dapat mengatasi hal-hal yang tidak terduga dengan lebih baik dibandingkan jika kamu tidak memiliki teknik pernapasan atau visualisasi. Ini membekali kamu dengan pengetahuan untuk bersantai, jika berencana untuk melahirkan normal tetapi harus menjalani operasi caesar darurat, kamu dapat mempertahankan teknik pernapasan, lebih rileks dan fokus pada gambaran yang lebih besar untuk kedatangan bayi.

Pasangan sering kali merasa tersisih selama kehamilan dan kelahiran, karena pada dasarnya tidak banyak yang dapat mereka lakukan, atau begitulah yang biasanya kita pikirkan. Hypnobirthing juga dapat membantu pasanganmu merasa dilibatkan dalam prosesnya. Hypnobirthing akan memberikan tugas kepada pasangan dan memberi pendekatan praktis untuk membantu selama kehamilan dan persalinan. Ini termasuk teknik pijat, frasa yang menenangkan untuk menempatkan kamu pada kerangka berpikir yang benar, serta praktik kesadaran yang dapat dilakukan bersama. Hal ini akan membantu mereka merasa percaya diri dan dicintai selama kehamilan dan selama persalinan.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading