Sukses

Relationship

Bicara Soal Uang sebelum Menikah, Perlu Bahas Apa Saja?

Fimela.com, Jakarta Sebelum menikah, ada baiknya melakukan pre-marriage talks. Ini adalah obrolan tentang banyak hal bersama pasangan yang seringnya akan memengaruhi banyak hal di dalam pernikahan. Bagi pasangan yang akan menikah, penting untuk meluangkan waktu melakukan pre-marriage talks.

Salah satu topik penting yang perlu dibicarakan adalah soal uang. Diskusi tentang uang sebelum menikah bukanlah hal yang tabu. Mengutip buku Life as Divorcee, berdasarkan data Dirjen Peradilan Agama MA tahun 2016-2018, ada 28,2% perceraian yang alasannya adalah seputar uang. Masalah uang menjadi hal yang krusial untuk dikomunikasikan dengan terbuka sebelum menikah.

Apa Saja yang Perlu Dibahas?

Lalu, apa saja yang perlu dibahas ketika membicarakan uang?

Apakah cukup hanya dengan mengetahui gaji atau penghasilan masing-masing?

Kalau saat ini kamu dan pasangan posisinya sedang sama-sama punya penghasilan sendiri, perlu mendiskusikan soal bagaimanan pengaturan tanggung jawab keuangan. Misalnya, siapa yang akan menggunakan gajinya untuk membayar KPR, berapa banyak yang perlu dialokasikan untuk membantu keluarga, hingga soal tabungan pribadi.

Diskusikan pula soal berbagai skenario terburuk terkait keuangan. Seperti apa yang perlu dilakukan jika kondisi finansial tiba-tiba memburuk atau bila mendadak kehilangan pekerjaan. Apa yang perlu dilakukan jika ternyata harus bercerai, bagaimana pengaturan pisah harta, dan sebagainya. Buat rencana cadangan jika tiba-tiba butuh banyak biaya untuk membantu anggota keluarga atau memenuhi kebutuhan rumah tangga yang tak terduga.

Biaya pernikahan juga perlu dibahas bersama. Rencana pesta atau pernikahan perlu disesuaikan dengan bujet yang ditetapkan bersama. Gaya hidup masing-masing juga kebiasaan membelanjakan uang juga perlu diutarakan.

Pernikahan akan menjadi babak baru kehidupan. Mempersiapkan diri dengan matang melalui pre-marriage talks bisa sangat membantu kita dalam mengarungi bahtera rumah tangga bersama pasangan yang kita cintai.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading