Sukses

Beauty

9 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar perempuan menganggap rambut bak sebuah mahkota. Tak berlebihan, jika merawat rambut akhirnya menjadi penting sekali untuk penampilan.

Namun sayangnya, banyak orang yang harus bergelut dengan masalah rambut kering, kusam, dan mengembang. Sehingga membuat penampilan jadi tak maksimal.

Pada dasarnya, rambut kering dan mengembang terjadi karena rambut tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Melansir dari Healthline, penyebab umum rambut kering termasuk kondisi lingkungan, kesalahan perawatan rambut, dan kekurangan nutrisi.

Mengetahui kompleksitas penyebab rambut kering dan kusam mengembang tersebut, maka perlu segera diambil tindakan guna mengurangi kerusakan-kerusakan yang lebih parah. Berikut 9 cara mengatasi rambut kering dan mengembang, dikutip dari berbagai sumber.

1. Jangan mencuci rambut setiap hari

Mencuci rambut dengan sampo memang dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Tetapi jika terlalu sering dilakukan, ini juga berisiko menghilangkan sebum atau kandungan minyak alami pada rambut kering.

Sebagai gantinya, cucilah rambut 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Atau kamu juga bisa mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.

Namun, jika kamu tidak bisa sehari tanpa keramas, pilihlah sampo khusus untuk rambut kering dan mengembang atau sampo bayi yang bisa membersihkan kotoran tanpa menguras minyak alami rambut.

2. Gunakan sampo khusus rambut kering

Berbeda dengan jenis sampo pada umumnya, sampo yang diformulasikan untuk rambut kering dapat menggantikan kelembapan yang hilang. Sehingga tentu akan mencegah rambutmu semakin kering.

Tetapi jika rambutmu sangat kering, penata rambut Nathaniel Hawkins merekomendasikan untuk menggunakan sampo berbahan ringan yang hanya berfungsi untuk membersihkan. "Bahan ini cukup lembut untuk menghilangkan kotoran dan penumpukan tanpa menghilangkan minyak pada rambut Anda," terang Hawkins, dilansir Bhg.

3. Gunakan kondisioner dan masker rambut

Selain pemilihan sampo, lengkapi pula dengan menggunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner berfungsi untuk membuat kultikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut.

Agar perawatan yang lebih maksimal, Hawkins menyarankan untuk menggunakan masker rambut setiap seminggu sekali.

 

 

4. Hindari membilas rambut dengan air panas

Terbiasa mandi dan keramas dengan air panas dapat menghilangkan kelembapan alami rambut. Bahkan pada kondisi panas tertentu, air panas dapat menghambat pertumbuhan rambut serta mengakibatkan rambut rapuh dan mudah kering.

Sebagai alternatifnya, keramas atau bilas rambut dengan air suhu ruangan atau air dingin selama satu atau dua menit. Efek relaksasi dari air dingin ini dapat mempercepat pertumbuhan rambut lebih cepat. Ini juga berguna untuk merevitalisasi setiap helainya dan mencegah rambut kering dan rusak.

5. Kurangi penggunaan alat styling rambut

Alat styling rambut seperti pengering, catokan, dan pengeriting rambut jika dipakai terlalu sering dapat merusak batang rambut. Apalagi jika rambut cenderung rapuh dan sulit untuk ditata setelah mencucinya, hal itu bisa membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya selama proses styling.

Efek panas dari hair dryer dan alat catok secara terus menerus dapat mempercepat rambut menjadi kering dan mengembang. Alih-alih menggunakan alat styling, bungkuslah rambutmu dengan handuk untuk mengeringkan rambut secara alami.

Jika masih harus menggunakan heat styling tools untuk merapikan rambut, cobalah untuk menggunakan hair vitamin yang mengandung Heat Protection. Penggunaan produk ini sebelum pemakaian heat styling tools dipercaya dapat meminimalisir dampak kerusakan rambut akibat panas dari alat-alat tersebut. Jadi, rambutmu bisa tetap terjaga dan cantik sepanjang hari.

6. Gunakan vitamin untuk mengatasi rambut kering dan mengembang

Sama seperti bagian tubuh yang lain, rambut juga membutuhkan vitamin yang cukup untuk memberi nutrisi pada kulit kepala dan kesehatan rambut.

Vitamin A, vitamin C, mineral, zat besi, dan biotin berguna agar rambut menjadi lebih sehat. Vitamin tersebut termasuk jenis prenatal yang bermanfaat mempercepat pertumbuhan rambut serta membuat rambut kering dan mengembang menjadi lebih sehat dan berkilau.

Selain itu, penggunaan vitamin rambut pun juga memegang peranan yang penting banget, lho. Terlebih karena paparan polusi serta sinar UV matahari di Indonesia saat ini lagi tinggi-tingginya, sehingga mampu membuat rambut berpotensi mengalami penuaan. Lebih mengkhawatirkannya lagi, karena kondisi ini tak cuma bisa dialami oleh orang yang sudah lanjut usia saja, melainkan juga orang-orang muda yang masih berada di usia produktif. 

Sayangnya, masih banyak perempuan yang kini tak menyadari jika diri mereka sedang mengalami penuaan rambut. Padahal, ciri-ciri dari kondisi ini bisa diketahui dengan sangat mudah. Rambut yang mengalami penuaan biasanya ditandai dengan munculnya rambut berwarna abu-abu, memiliki tekstur yang kering dan kasar, kusam, hingga mudah patah. Nah lantas, vitamin rambut seperti apa yang bisa mengatasi permasalahan seperti ini?

Pilihlah Hair Vitamin yang mengandung argan oil sebagai pemberi nutrisi serta kelembapan pada rambut dan moroccan oil sebagai antioksidan yang bisa mengatasi tanda penuaan rambut. Selain itu, pastikan lagi jika produk vitamin rambut yang dipilih juga telah dilengkapi dengan heat protection, sehingga dapat melindungi rambut dari efek panas sinar UV dan styling tools yang bisa menyebabkan penuaan pada rambut.

7. Gunakan minyak esensial

Menggunakan beberapa tetes minyak argan di ujung rambut Anda dapat memberikan tampilan yang lebih halus dan kenyal. Minyak esensial lainnya, seperti minyak peppermint dan minyak lavender, dapat membantu menghentikan rambut rontok dan mencegah kerusakan.

Mencampurkan minyak argan, minyak peppermint, minyak lavender, dan minyak pembawa seperti minyak kelapa untuk membuat pewangi rambut yang cepat dapat mencegah rambut kering dari waktu ke waktu. Lakukanlah perawatan deep conditioning dari minyak kelapa hangat sekali setiap minggu.

8. Masker minyak kelapa

Minyak kelapa adalah emolien alami yang dapat melembapkan rambut kering dan rusak karena panas atau matahari.Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif menembus serat rambut. Meski kandungan emolien dalam minyak kelapa hampir serupa dengan pelembap biasa, namun lebih efektif untuk melembutkan tiap helai rambut.

Penggunaan minyak kelapa untuk rambut kering dan mengembang akan lebih maksimal jika digunakan setelah. Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan minyak kelapa pada helai demi helai rambut, lalu pijat kulit kepala untuk memperkuat akarnya.

9. Mengonsumsi makanan sehat

Perawatan rambut juga harus dilakukan dari dalam tubuh, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Salah satu jenis makanan yang bisa kamu konsumsi adalah ikan salmon.

Mengonsumsi ikan salmon dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti sayur bayam untuk mengatasi rambut yang rapuh, dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.

 

*Penulis: Hilda Irach

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading