Sukses

Beauty

5 Bahan Alami untuk Menjaga Kesehatan Rambut Agar Tetap Lembut dan Lebat

Fimela.com, Jakarta Rambut yang sehat dan lebat adalah impian setiap perempuan. Merawat kesehatan rambut ternyata tidak perlu cara yang sulit. Banyak bahan-bahan alami yang ternyata dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Bahan alami lebih direkomendasikan jika Sahabat Fimela khawatir terhadap kandungan kimia yang biasa ditemui di produk untuk rambut.

Selain mudah ditemukan, penggunaan bahan alami untuk rambut juga tergolong aman. Bahan alami untuk rambut dapat berasal dari tumbuhan herbal atau minyak yang dapat menutrisi, memperbaiki, dan memperkuat helai rambut. Berikut adalah 5 bahan alami yang dapat Sahabat Fimela gunakan untuk menjaga kesehatan rambut:

1. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Bahan satu ini mungkin tidak lagi asing untuk menjaga kesehatan rambut. Aloe vera atau lidah buaya memiliki vitamin, mineral, dan enzim yang penting untuk meningkatkan kekuatan dan vitalitas rambut. Gel aloe vera dapat melembabkan dan menutrisi kulit kepala sehingga mencegah kulit kepala kering dan mengurangi ketombe.Enzim proteolitik aloe vera juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Selain itu, pH alaminya dapat mencegah produksi minyak berlebih dan menjaga rambut agar tetap bersih dan berkilau.

2. Madu

Madu dapat dicampurkan dengan kondisioner atau digunakan sebagai masker rambut. Penggunaan madu ke rambut dapat berperan dalam kelembaban rambut dan mencegah kerusakan pada kutikula. Madu memiliki antibakteri yang dapat membersihkan kepala dari ketombe dan mengendalikan pH kulit kepala. Vitamin C yang ada di madu juga dapat membantu regenerasi folikel rambut baru. Penggunaan masker rambut secara teratur akan menguatkan rambut yang sering styling dengan zat kimia atau alat panas seperti catok dan hair dryer.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat membantu menguatkan rambut. Minyak kepala dapat berperan sebagai emolien atau bahan pelembab untuk kelembaban kulit dan menenangkan kulit iritasi. Selain itu, minyak kelapa dapat digunakan sebagai kondisioner tanpa bilas untuk membantu rambut lebih tebal. Minyak kelapa bisa digunakan di semua jenis rambut, tapi akan lebih maksimal diguankan pada rambut kering dan rusak.

4. Minyak Argan

Memiliki kulit kepala yang sehat berarti memiliki rambut yang lebih sehat pula. Minyak argan dapat digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen untuk memperkuat pertumbuhan rambut dan melawan kerusakan rambut. Minyak argan kaya akan vitamin E, fenol, karoten, squalene, dan asam lemak esensial untuk melembabkan, menutrisi, dan melembutkan rambut. Minyak ini cocok digunakan pada rambut keriting dan kering untuk menghaluskan dan membuat rambut lebih mengkilap dan bertekstur.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun cukup populer untuk merawat rambut. Minyak zaitun biasa dguankan sebelum keramas. Tapi tahukah Sahabat Fimela bahwa minyak zaitun extra virgin lebih baik digunakan untuk rambut daripada minyak aitun biasa. Karena minyak zaitun extra virgin dibuat tanpa melalui proses kimia yang berlebih dan lebih aman untuk kesehatan rambut.

Minyak zaitun dapat berperan sebagai emolien dan menggantiakn minyak alami kulit kepala yang hilang karena keramas dengan produk yang mengandung banyak sulfat. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai kondisioner tanpa bilas untuk menjinakkan rambut kusut. Ini juga akan melembutkan rambut dan menutrisi rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat ternyata tidaklah mudah. Tapi, tenang karena ada banyak banyak alami yang bisa digunakan. Selain mudah didapatkan, bahan alami juga lebih aman untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading