Sukses

Parenting

Tips Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak Menurut Psikolog

Fimela.com, Jakarta Di Indonesia, pemerintah menetapkan wajib belajar bagi anak Indonesia adalah 12 tahun. Karena anak menghabiskan banyak waktu untuk belajar, pilihan sekolah bagi anak harus tepat. Namun, masih belum banyak orang tua yang mengetahui cara tepat memilih sekolah anak.

Psikolg Anak dan Remaja Grace E. Sameve membagikan serangkaian tips memilih sekolah yang tepat bagi anak. Ia mengungkapkan, sekolah yang “baik” saja tidaklah cukup. Anak harus masuk ke sekolah yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Patokannya apa itu (sekolah) 'baik', apakah karena terkenal di kota kita, apakah karena ada anak teman kita. Biasanya yang baik untuk anak teman kita, tidak sesuai untuk anak kita. Begitupun sebaliknya,” ujar Grace dalam Webinar FimelaHood: Memilih Sekolah yang Sesuai untuk Anak.

Tips memilih sekolah yang tepat

1. Libatkan banyak pihak

Memilih sekolah yang tepat bagi anak melibatkan banyak pihak, yakni anak, orang tua, sekolah. Saat bersekolah, bukan berarti tanggung jawab terhadap anak berpindah menjadi tanggungan sekolah. 

Orangtua tetap memegang peranan penting dalam hal ini. Grace mengungkapkan, tanggung jawab masih tetap berada di tangan para orang tua. tetapi tetap ada di orangtua. Oleh karena itu, sebagai orang tua, penting melibatkan banyak pihak untuk memastikan sekolah yang sesuai.

2. Ketahui tujuan anak bersekolah

Tahap awal memilih sekolah bagi anak adalah menyesuaikan dengan tujuan kamu menyekolahkan anak. Alasan orangtua menyekolahkan anak pun beragam, salah satunya merasa stimulasi yang anak dapat di rumah tidaklah cukup. Untuk itu, agar pilihan sekolah anak tepat, sesuaikanlah dengan tujuanmu.

3. Siapkan waktu luang

Principal Child Psychologist di Tentang Anak tersebut menyoroti orang tua tak bisa asal memilih sekolah. Demi meminimalisasi kesalahan pilihan, kamu perlu meluangkan banyak waktu sebelum anak benar-benar masuk ke sekolah tersebut.

Cara termudahnya, kamu bisa melakukan riset tentang sekolah yang cocok bagi anakmu dengan metode browsing, media sosial, forum, maupun review. Apabila memungkinkan, akan lebih bermanfaat jika kamu bisa langsung mengunjungi sekolahnya. Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui langsung keadaan sekolah dan lingkungan tempat anakmu bersekolah.

Pertimbangan orang tua

Grace menyebut, selain kesiapan anak, kesiapan kamu sebagai orang tua patut diperhatikan sebelum menyekolahkan anak. Salah satu hal yang perlu kamu sadari adalah kesiapan mentalmu. Kamu perlu mengetahui bahwa nantinya, anak akan berteman dengan banyak orang dan kebiasaan bisa berubah.

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan aspek jarak dan biaya. Kamu harus mengkalkulasikan jarak antara rumah dan sekolah sehingga nantinya, kamu bisa mengetahui besaran biaya yang dikeluarkan untuk ongkos atau uang saku.

Pertimbangan lainnya adalah jadilah pendengar yang baik bagi anak. Sebagai orangtua, kamu adalah wali yang memiliki wewenang membuat keputusan. Anak kecil belum bisa memikirkan keputusan yang tepat bagi dirinya ke depannya. Namun, kamu perlu menghargai pendapat dan kemauannya sebelum memutuskan sesuatu.

Tips dan trik di atas Grace sampaikan melalui Webinar FimelaHood: Memilih Sekolah yang Sesuai untuk Anak bersama Tentang Anak. Webinar tersebut berisi penjelasan menarik tentang cara memilih sekolah yang tepat dengan acara giveaway yang menarik. Seluruh hadiah pemenang dipersembahkan oleh Tentang Anak (@tentanganakofficial).

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading