Alasan Berat Badan Nggak Juga Turun Padahal Sudah Diet

Floria Zulvi diperbarui 06 Jun 2017, 13:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Diet merupakan hal yang mudah secara konsep. Namun dalam praktiknya, tentu banyak cewek yang merasa kesulitan. Apalagi banyak sekali yang mengatakan "Iya, kalau gue sih makan satu suap aja naiknya satu kilo!". Berlebihan mungkin, tapi memang ada saja yang makan sedikit namun berat badannya naik drastis.

Jika kamu tengah berdiet, ada baiknya untuk nggak sekadar mengurangi asupan makanan. Kamu juga perlu menghitung jumlah kalori yang masuk dan keluar. Karena ada beberapa faktor yang menyebabkan berat badanmu nggak turun padahal sudah diet. Dilansir dari The List, ini dia!

Kurang tidur. Dr. Caroline Apovian, direktur Nutrition and Weight Management Center di Boston Medical Center mengatakan bahwa tidur adalah hal yang sangat krusial bagi kesehatan. Orang dewasa yang hanya tidur 5-7 jam tiap malam, kemungkinan mengidap cardiovascular, darah tinggi, dan diabetes tipe 2 lebih banyak 30-8-% dari yang tidur 8 jam atau lebih. Kurang tidur juga bisa mengakibatkan obesitas.

Stres. Jika sedang diet, kamu harus menghindari stres ya. Karena hormon tubuh akan membuat kamu ingin makan lebih banyak untuk menghilangkan stres dalam tubuh. Jika kamu bisa mengatur diri agar tidak stres, diet akan terasa lebih mudah.

Jarang makan protein. Selalu makan salad tiap hari mungkin bisa menurunkan berat badan secara cepat bagimu. Karena meski sedang diet, tubuh juga butuh protein. Ketika nggak ada protein yang bisa diproses, maka tubuhmu akan membakar otot. Jika ototmu menyusut, metabolisme tubuh pun menurun. Jika kamu seorang vegetarian, jangan sampai lupa untuk makan protein nabati, ya!

Salah mengkalkulasi kalori. Ketika sudah memutuskan untuk diet, kamu juga nggak boleh buta dalam mengkalkulasi kalori tubuh. Jangan sampai kalori yang masuk tidak seimbang dengan yang dikeluarkan. Mengkalkulasi kalori juga berguna untuk memilah olahraga mana yang cocok untuk tubuh.

Cheating day. Memang hal ini dibutuhkan untuk menambah semangat diet dan menuntaskan ngidam berkepanjangan. Namun, jangan sampai kamu malah kebablasan. Cheating day saat weekend memang menyenangkan, namun jangan sampai kamu diet 4 hari kemudian melakukan cheating sebanyak 3 hari, lho.

What's On Fimela

Tag Terkait