Sukses

Beauty

Memasak Pakai Minyak Wijen, Ini Khasiatnya

Minyak wijen mungkin jarang digunakan untuk memasak sehari-hari di dapur Indonesia. Tetapi, minyak yang satu ini gemar digunakan oleh banyak pelaku diet karena manfaat kesehatannya.

Minyak wijen biasa digunakan dalam masakan Eastern, sebagai penambah rasa masakan agar lebih sedap. Kandungan antioksidan yang disebut sesamol dalam minyak wijen, dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, ia juga kaya akan linoleic acid, yang membantu memperlancar peredaran darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Manfaat memasak menggunakan minyak wijen

Seperti dikutip dari boldsky, minyak wijen ini boleh digunakan sebagai bahan memasak sehari-hari. Ia dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, sehingga jantung menjadi lebih sehat dan terhindar dari ancaman penyakit jantung.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan sesamin dan sesamol yang merupakan lemak baik di dalam minyak wijen dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan aman.

Mencegah kanker

Aneka gorengan, makanan siap saji cenderung membawa ancaman kanker pada wanita, baik kanker rahim, kanker payudara, kanker usus, dan lain sebagainya. Nah, mengatasi hal ini Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Minyak wijen inilah yang bisa menjadi salah satu solusi makanan sehat. Mengandung antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas, minyak wijen akan menjauhkan dari ancaman kanker, serta penyakit berbahaya lainnya.

Menurunkan kolesterol

Karena kandungan HDL (lemak baik) di dalam minyak wijen, maka ia efektif membantu menurunkan LDL (lemak jahat). Konsumsinya tentu saja tidak boleh berlebihan. Dapat digunakan sebagai bahan campuran salad atau menumis.

Mencegah darah tinggi

Sebuah penelitian di Jepang membuktikan bahwa minyak wijen efektif membantu mencegah darah tinggi. Kandungan sesaminnya ampuh dijadikan salah satu bahan diet. Dan apabila dikonsumsi secara rutin maka dapat mencegah darah tinggi.

Menambah aroma dan rasa

Kelebihan minyak wijen dibandingkan minyak nabati lainnya adalah memaksimalkan aroma dan rasa. Minyak wijen ini bisa dijadikan bumbu yang membuat masakan semakin sedap.

Mengontrol diabetes

Kontrol diabetes Anda dengan mengonsumsi minyak wijen. Kandungan magnesiumnya dapat melindungi kebutuhan insulin sehingga cocok dikonsumsi mereka yang menderita diabetes.

Menyehatkan usus

Bila Anda memiliki problem pencernaan, maka Anda disarankan mengonsumsi minyak wijen dan menggantikan minyak lainnya. Minyak wijen telah terbukti dapat menyembuhkan segala problem pencernaan serta menyehatkan usus.

Kesehatan rongga mulut

Dan uniknya lagi, minyak wijen ini dapat membantu menjaga kesehatan rongga mulut. Secara alami ia akan membantu melawan pembentukan plak dan karang gigi, serta menjaga agar mulut tetap higienis.

Minyak wijen dijual bebas di super market dan pasar, sehingga Anda tak perlu bingung mencari dan membelinya lagi. Mari kita gantikan bahan-bahan yang kurang menunjang kesehatan dengan bahan-bahan bernutrisi agar hidup lebih sehat. [initial]

BACA JUGA:

Aneka Jamu Yang Berkhasiat Untuk Wanita

Bahan Makanan Yang Merupakan Musuh Alami Dari Asma

Tips Menyikat Gigi Untuk Pemilik Gigi Sensitif

Makanan Ini Bisa Memperparah Diare

Awas, Menyikat Gigi Ternyata Berbahaya!

Kacamata Membuat Minus Mata Bertambah Parah

Kulit Kentang dan Ketimun Ternyata Kaya Nutrisi

Makanan Berwarna Ungu, Kaya Antioksidan

(vem/bee)
Loading