Sukses

Beauty

Penyebab Umum Haid Tidak Teratur

Haid tidak teratur pernah dialami oleh sebagian besar wanita usia subur. Sebenarnya banyak dari kasus haid tidak teratur tidak menimbulkan bahaya bagi wanita. Namun, penting untuk mengetahui apa penyebab haid tidak teratur yang Anda alami. Berikut beberapa penyebab umum yang menyebabkan haid Anda datang secara tidak teratur, seperti dilansir oleh sheknows.com.

Kehamilan

Saat hamil, tubuh seorang wanita memproduksi beberapa hormon berbeda yang menyebabkan siklus menstruasi berhenti berjalan. Umumnya, seorang wanita yang hamil akan mengalami satu kali menstruasi yang lebih sedikit dari biasanya sebelum benar-benar berhenti. Jika Anda merasa sedang hamil, sebaiknya segera lakukan tes dan konsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Stres

Stres merupakan penyebab paling umum dari haid tidak teratur. Hormon stres yang disebut kortisol memiliki dampak langsung pada hormon reproduksi pada tubuh yaitu estrogen dan progresteron. Jika tubuh Anda memproduksi banyak hormon kortisol yang disebabkan oleh stres yang Anda alami, siklus haid Anda akan terganggu dan menjadi tidak teratur.

Pola makan

Penyebab lain dari haid tidak teratur adalah pola makan dan berat badan Anda. Jika Anda mengonsumsi banyak makanan tinggi karbohidrat yang tidak sehat atau Anda mengalami kenaikan berat badan secara signifikan, maka tubuh Anda akan memproduksi berbagai hormon yang akan mempengaruhi siklus haid Anda. Keadaan yang sama dialami oleh para wanita yang mengalami penurunan berat badan.

Aktifitas Fisik

Jika Anda menggunakan terlalu banyak energi dalam aktifitas fisik atau olah raga yang Anda lakukan, tubuh Anda akan kekurangan energi untuk siklus haid yang seharusnya terjadi.

Obat penunda kehamilan

Butuh waktu lama bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan dengan dosis pil penunda kehamilan yang Anda konsumsi.

Minum alkohol

terlalu banyak meminum alkohol akan merusak fungsi hati dan mempengaruhi metabolisme hormon estrogen dan progesteron oleh hati.

Polycystic Ovary Syndrome

Penyakit ini mempengaruhi proses pelepasan sel telur dalam sistem reproduksi Anda. Gejala lain dari penyakit ini meliputi tumbuhnya rambut, kenaikan berat badan, ketombe, dan kemandulan.

Menopause

Seorang wanita akan mengalami haidnya tidak teratur sekitar 10 tahun sebelum benar-benar mengalami menopause.

Obat-obatan

Beberapa obat-obatan mempengaruhi keseimbangan hormon Anda dan juga dapat menyebabkan menstruasi Anda datang terlambat.

 

(vem/cha)
Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kematian Akan Menjemput
Artikel Selanjutnya
Sejumlah Titik di Ruas Jalan Tol dan Jakarta Terendam Banjir