Sukses

Beauty

5 Alasan Kenapa Kita Perlu Mengonsumsi Havermut (Oatmeal)

Havermut atau oatmeal sering dijadikan menu sarapan yang menyehatkan. Selain memang mudah dibuat, havermut ini mudah ditemukan di mana-mana. Seperti yang dilansir oleh huffingtonpost.com, satu cangkir oatmeal mengandung empat gram serat--hampir sama dengan satu buah apel atau secangkir kubis tunas (brussels sprouts). Berikut ini ada lima alasan kenapa kita perlu mengonsumsi havermut.

    Bisa Membuat Kenyang Lebih Lama

    Kandungan serat yang tinggi dalam havermut bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Kita pun jadi bisa menekan keinginan diri kita untuk ngemil setelah sarapan pagi. Sebuah penelitian pada tahun 2014 yang dipublikasikan di Nutrition Journal menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi havermut bisa merasa kenyang lebih lama dibandingkan orang-orang yang mengonsumsi Honey Nut Cheerios dalam porsi yang sama.

    Bisa Mengurangi Kolesterol

    Makanan kaya serat memang sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat dalam havermut bisa mengurangi proses penyerapan kolesterol "jahat" yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

    Bisa Mengurangi Risiko Terkena Kanker

    Makanan kaya serat dengan biji-bijian utuh (whole grain) seperti havermut telah terbukti mengurangi risiko kanker usus besar. sebuah ulasan pada tahun 2011 di British Medical Journal menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi 90 gram biji-bijian utuh lebih banyak memiliki risiko terkena kanker usus besar lebih rendah sebesar 20 persen.

    Havermut Kaya Akan Senyawa Kimia yang Bisa Melindungi Jantung

    Havermut ini kaya akan lignan, yaitu senyawa kimia yang berfungsi sebagai pelindung dari serangan penyakit kardiovaskuler. Beberapa jenis makanan lain seperti biji rami, aprikot, dan brokoli juga mengandung lignan ini.

    Havermut Terbilang sangat Terjangkau

    Untuk menu sehat, havermut ini tergolong sangat terjangkau. Selain itu, mendapatkan havermut pun sangat mudah, sudah banyak tersedia di swalayan dan supermarket terdekat.

Untuk membuat variasi rasa, kita bisa menambahkan buah-buahan atau sayuran sehat dalam menu havermut yang kita konsumsi. Kita bisa menambahkan buah alpukat atau bahkan sayuran kale.

(vem/nda)
;
Loading