Sukses

Beauty

Makan Makanan Fermentasi, Ini Manfaat dan Tips Membuatnya Sendiri

Selama ini, makanan segar menjadi bahan makanan yang paling diutamakan untuk dikonsumsi karena masih memiliki nutrisi yang lengkap dibandingkan makanan yang tidak fresh. Namun ada juga makanan yang justru baik dimakan saat mengalami proses fermentasi.

Bukan berarti makanan itu basi, bedakan antara makanan basi dan makanan yang terfermentasi. Anda tentu tidak akan bisa makan makanan yang basi, namun Anda bisa makan makanan yang terfermentasi seperti misalnya yogurt, tape, buttermilk, kimchi dan kefir. Karena seperti dilansir dari livestrong.com, makanan fermentasi memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan karena memiliki probiotik.

Contoh-contoh makanan fermentasi tersebut memiliki makhluk hidup bernama bakteri probiotik yang membantu menguatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh terhadap penyakit. Banyak sekali bakteri yang ada di tubuh manusia, dan selain menangkal infeksi penyakit, probiotik juga membantu mengatur berat badan, pencernaan yang sehat dan lain sebagainya. Bahkan probiotik bisa membantu mengatur suasana hati dan mengurangi rasa cemas.

Untuk mendapatkan manfaat bakteri probiotik ini caranya cukup mudah. Konsumsi satu porsi kecil yogurt setiap hari atau makanan fermentasi lainnya jika tidak ada yogurt. Anda bahkan bisa membuat sendiri yogurt di rumah karena d toko-toko makanan sudah banyak yogurt yang bisa dijadikan bibit membuat yogurt sendiri.

Anda hanya perlu memerhatikan food-safety saat membuat makanan fermentasi, berikut tipsnya.

  1. Kebersihan/sanitasi: Cuci bersih kedua tangan Anda, peralatan dan tempat yang akan digunakan.
  2. Penyimpanan: Gunakan wadah tertutup kedap udara agar tidak tercemar dengan udara luar atau bakteri lain akan ikut masuk dan merusak proses fermentasi.
  3. Perhatikan cara pembuatan: Selalu ikuti langkah-langkah pembuatan dengan berurutan termasuk seperti memperhatikan temperatur dan tips menyimpan makanan fermentasi. Hindari pula memakai alat atau wadah yang terbuat dari besi, alumunium, stainless steel dan berbagai macam logam.

Nah, itu dia yang bisa Anda dapatkan dari makanan difermentasi dan tips membuat sendiri makanan fermentasi di rumah. Yuk mulai hidup sehat dari diri sendiri.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading