Sukses

Beauty

Lakukan Ini, Olahraga Terbaik Untuk Para Wanita Menurut Dokter

Jika kamu membicarakan sepak bola, kamu pasti tahu bahwa olahraga ini identik dengan pria kan? Sepak bola untuk wanita memang ada, namun kamu tak bisa melepaskan stereotype bahwa sepak bola hanya untuk laki-laki. Begitu juga dengan senam aerobik yang lebih lekat dianggap sebagai olahraga para wanita dan ibu-ibu.

Tapi ternyata para ahli kesehatan menyarankan kamu melakukan ini lho, olahraga angkat beban. Meski memang olahraga angkat beban justru lebih identik dengan olahraga laki-laki, binaragawan dan lain sebagainya, tapi ternyata olahraga ini bagus sekali untuk wanita.

Menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, olahraga angkat beban secara signifikan bisa menurunkan risiko serangan diabetes tipe 2 (diabetes mellitus) dan penyakit kardiovaskuler yang berhubungan dengan jantung.

Para peneliti mengikuti aktivitas 36 ribu partisipan rentang usia 47-98 tahun dan bertanya mengenai latihan kekuatan yang mereka lakukan dalam beberapa tahun terakhir lalu meminta mereka melaporkan hasilnya. Hasilnya, peneliti melihat bahwa olahraga ini bisa mengurangi risiko serangan diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskuler pada wanita.

Para wanita yang melakukan latihan angkat beban secara rutin ternyata bisa menurunkan risiko diabetes hingga 30%, dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler sebesar 17% memiliki dibanding wanita yang tidak melakukan olahraga sama sekali.

Tak perlu khawatir angkat beban bisa membuat ototmu timbul besar-besar seperti para pria, karena hormon dalam tubuhmu tak mengizinkan hal itu terjadi. Jadi, kenapa harus takut latihan angkat beban, karena ternyata bisa cegah diabetes dan penyakit jantung lho. Yuk rajin olahraga angkat beban ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading