Sukses

Beauty

Apa yang Baiknya Dihindari Saat Sahur & Buka? Ahli Gizi Menjawab

Ladies, tahukah kalau selama menjalankan ibadah puasa, ada jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka? Tujuannya adalah tak lain agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Seperti yang dijelaskan ahli gizi Desy Nur Arista ini.

Menurunya, ketika sahur sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman berkarbonasi karena memiliki kadar gula dan asam yang tinggi yang bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi dan maag. Serta hindari juga aneka junk food dan camilan yang tidak bergizi.

"Sebaiknya saat sahur memilih makanan dengan gizi seimbang daripada snack yang tidak sehat yang dapat meningkatkan rasa haus dan tidak mengenyangkan," ujarnya.

Selain makanan bergizi seimbang, saat sahur kamu dapat minum dua gelas air mineral, porsi makan cukup, serta perbanyak asupan serat seperti sayuran, buah, dan sereal utuh.

Dan ketika waktu berbuka tiba, hal yang paling utama dihindari ialah makanan olahan atau gorengan yang tidak sehat.

"Makanan olahan dan siap saji yang tidak sehat mengandung tinggi kalori, gula dan lemak namun rendah serat. Makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan heartburn," ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Serta hindari makan berlebih karena perut tidak dapat mencerna banyak makanan dalam satu waktu setelah beristirahat cukup lama. Cobalah untuk makan perlahan dengan porsi kecil terlebih dahulu. Ketika berbuka puasa makan manis dengan porsi yang cukup, sholat 30 menit, makan bergizi dan cairan sehat, tidur 2-3 jam setelah makan.

Desy pun memberikan tips makan-makanan sehat yang dapat dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Seperti sayuran yang tinggi serat,
kurma karena mudah dicerna, kaya energi berasal dari gula alami dan mencegah konstipasi karena tinggi serat.

Pilih makanan tinggi protein yang dapat dicerna perlahan, jadi rasa kenyang lebih lama. Penuhi juga kebutuhan cairan tubuh karena setelah puasa cukup lama, tubuh membutuhkan cairan. Tak lupa, cukupi kebutuhan karbohidrat, bisa dari nasi merah, ubi, kentang, atau quinoa.

"Makanan bergizi dan tinggi serat. Berbagai macam sayuran berdaun hijau, sayuran berumbi, dan buah. Makan sayur dan buah saat sahur, buka puasa & sebagai camilan sehat harus tinggi serat, rendah kalori, tinggi kandungan air. Konsumsi sayur dan buah dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama & mencegah kanker, penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, dan stroke," tuturnya.

Desy pun memberikan strategi minum agar tidak dehidrasi saat berpuasa. Yaitu, buka puasa minum 2 gelas air putih, malam menjelang tidur 4 gelas, dan ketika sahur 2 gelas.

Yuk, jaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama puasa dengan mengikuti pola makan yang baik.

(vem/asp/nda)
Loading