Sukses

Beauty

Rajin Berpuasa, Berbagai Penyakit Bisa Terobati Secara Alami

Selamat menjalankan ibadah puasa yang bagi yang menjalankan. Tak terasa, hari ini telah sampai pada hari ke 13 puasa Ramadan. Berbicara mengenai puasa, ini merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan setiap muslim. Selain wajib dilakukan demi mendapatkan limpahan berkah juga pahala, puasa juga penting dilakukan karena ini memiliki segudang manfaat buat kesehatan fisik maupun psikis.

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS. Al Baqarah: 183).

H. Amirullah Syarbini, M, Ag, dalam bukunya yang berjudul The Miracle of Fast mengungkapkan bahwa puasa memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Puasa juga menjadi salah satu aktivitas yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh.

Dalam Al-Qur'an sendiri disebutkan bahwa barang siapa yang berpuasa dengan hati ikhlas dan hanya berharap ridho dari Allah SWT, maka ia akan senantiasa dilindungi dari berbagai kesulitan, termasuk dilindungi dari berbagai risiko penyakit.

Adapun beberapa penyakit yang bisa diobati juga dicegah kedatangannya dengan puasa antara lain adalah membersihkan racun dalam tubuh, mengobati sakit lambung, sesak nafas, mata, peradangan, kulit, lemah syahwat, sakit kepala (migrain), masalah pembuluh darah dan masih banyak lagi.

Mengingat bahwa puasa merupakan aktivitas yang cukup berat, Allah meringankan puasa bagi mereka yang sedang sakit atau pun melakukan perjalanan jauh. Allah berfirman, "Dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajib lah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui," (QS. Al Baqarah: 185).

Karena berpuasa adalah ibadah wajib yang syarat akan bermacam manfaat, bagi kamu yang beragama muslim, sangat disarankan untuk senantiasa mendirikan ibadah puasa. Tak hanya puasa Ramadan, mendirikan puasa sunah juga menjadi aktivitas yang berpahala besar lagi bermanfaat mengagumkan buat kesehatan maupun lainnya.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Pilihan Hotel Kapsul yang Nyaman dengan Harga Terjangkau di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Beragam Ide Perayaan Akhir Tahun yang Menyenangkan di Jakarta