Sukses

Beauty

Terbukti, Yoga & Meditasi Bisa Ubah Gen dan Bikin Panjang Umur

Sebagai olahraga, yoga dan meditasi mungkin tidak membuatmu banyak berkeringat, tapi bukan berarti tak bisa membuatmu sehat. Yoga dan meditasi justru jadi olahraga yang sangat baik melepas stres dan membuatmu lebih tenang.

Tapi bukan hanya menjaga kesehatan saja, yoga dan meditasi ternyata juga bisa mengubah gen lho. Sebuah penelitian ilmiah baru yang diterbitkan dalam Frontiers in Immunology menemukan bahwa melakukan yoga, meditasi, latihan pernapasan, Qi gong dan Tai Chi ternyata bisa menekan dan memadamkan gen yang menyebabkan inflamasi dalam tubuh.

Reaksi inflamasi sebenarnya merupakan bentuk pertahanan tubuh dan menjadi pelindung tubuh di kala terluka. Tapi inflamasi yang berlebihan juga bisa mengganggu kesehatan dan bahkan menimbulkan penyakit serius secara fisik dan mental.

Para peneliti asal Inggris ini menganalisis beberapa penemuan dari 18 penelitian dan menemukan bahwa orang-orang yang berlatih olahraga ini menunjukkan gejala kecil mengalami inflamasi, termasuk penurunan inflamasi protein yang berisiko menyebabkan penyakit serius.

Berlatih yoga, meditasi dan semacamnya secara rutin bisa memadamkan gen yang bereaksi negatif dan menyalakan gen yang bersifat positif seperti gen panjang umur, gen sehat dan bahagia.

Ivana Buric, PhD di Coventry University’s Brain, Belief and Behaviour Lab pun terkejut dengan reaksi ini. Meski aktivitas yoga, meditasi, Tai Chi dan yang lainnya berbeda, namun aktivitas yang melibatkan mind dan body ini punya efek sama, memadamkan gen inflamasi.

Jadi, tak ada keraguan lagi jika kamu ingin hidup sehat dengan menerapkan olahraga yang tidak berat, karena kamu bisa menerapkan latihan yoga dan meditasi sebagai olahraga rutinmu.

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Menyegarkan, Ini Sekian Manfaat Sehat Makan Buah Semangka
Artikel Selanjutnya
Bukan Hanya Mengantuk, Ini Beberapa Alasan Kita Menguap