Sukses

Beauty

Tekanan Darah Normal Bantu Cegah Pikun Di Hari Tua

Kesehatan tubuh bisa menjadi faktor memprediksi seperti apa kesehatan tubuh kamu di masa depan, termasuk kemungkinan pikun di usia tua. Salah satu hal yang harus kamu jaga adalah tekanan darah.

Dilansir dari Time.com, penelitian Sprint Mind yang dilakukan dokter Jeff Williamson dari Wake Forest Baptist Medical Centre, AS, menemukan bahwa menjaga tekanan darah berada di level normal punya manfaat baik untuk kesehatan otak.

Penelitian dilakukan dengan cara membandingkan tekanan darah yang normal dengan yang mengalami masalah tekanan darah. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa orang yang menurunkan tekanan darah menjadi kurang dari 120 mmHg, memiliki risiko mengalami gangguan kognitif ringan sebesar 15 persen dibandingkan dengan orang yang hanya menurunkan tekanan darah 140 mmHg.

Tekanan darah tinggi bukan hanya berbahaya untuk kesehatan jantung, tapi bisa menimbulkan masalah memori pada otak. Ketika tekanan darah tinggi, dinding arteri mengalami tekanan dan menipis, dan ketika dinding arteri pecah, darah yang mengalir ke otak dan organ lain akan menyebabkan stroke ringan.

Sayangnya, bukan hanya itu saja efeknya, tekanan darah tinggi dalam jangka waktu lama juga bisa merusak jaringan otak. Dan karena inilah sel-sel saraf mengalami kehilangan kemampuan untuk berinteraksi satu sama lain. Jika dibiarkan, kondisi itu akan berujung pada demensia hingga Alzheimer.

Jadi, penting sekali menjaga tekanan darah tidak terlalu tinggi atau di level normal karena ternyata bukan hanya kesehatan jantung saja yang perlu dikhawatirkan tapi juga kemungkinan pikun di masa depan.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
;
Loading