Sukses

Beauty

Hati-hati, Temulawak Punya Efek Samping!

Ladies, temulawak merupakan salah satu jenis tanaman obat yang telah dikenal oleh masyarakat nih, baik masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia. Temulawak ini merupakan tanaman asli Indonesia loh.

Banyak manfaat yang dapat di ambil dari penggunaan tanaman obat yang satu ini. mulai dari gangguan pencernaan, iritasi usus, kembung, gangguan lambung, gangguan hati sampai dengan empedu. Namun yang paling terkenal manfaatnya adalah untuk meningkatkan nafsu makan ya Ladies.

Bagaimana sih cara kerja temulawak ini? Menurut penelitian, temulawak mungkin mengandung bahan yang dapat mempengaruhi produksi empedu. Tanaman ini sangat baik manfaatnya bagi tubuh saat digunakan dalam waktu yang terbatas saja ya.

Yang perlu Anda waspadai adalah penggunaan jangka panjang nih Ladies. Seperti yang dilansir dalam webMD.com, konsumsi temulawak disarankan maksimal hanya digunakan selama 18 minggu saja ya. Jika lebih, maka besar resikonya untuk terkena iritasi lambung dan menyebabkan Anda mual-mual loh.

Khusus untuk Anda wanita yang hamil dan menyusui, belum ada penelitian yang mengungkapkan keamanan dari penggunaan temulawak untuk ibu hamil dan menyusui nih. untuk tidak mengambil resiko, lebih baik jangan mengkonsumsinya terlebih dahulu ya.

Perhatikan pula bagi Anda yang memiliki masalah pada liver dan empedu, jangan konsumsi tanaman jenis ini ya, karena temulawak dapat meningkatkan produksi empedu loh, jika Anda konsumsi maka bisa-bisa penyakit Anda semakin parah!

So Ladies, berhati-hati sebelum mengkonsumsi ya.

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading