Sukses

Beauty

5 Bahan Alami untuk Mengangkat Komedo yang Membandel

Fimela.com, Jakarta Komedo adalah masalah kulit bagi semua orang, terutama bagi perempuan. Komedo adalah benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit, dan merupakan cikal bakal jerawat. Komedo biasanya muncul pada kulit wajah, tetapi dapat juga muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan.

Bagi perempuan, komedo itu layaknya jerawat, sama-sama mengganggu penampilan karena wajah yang penuh komedo pasti akan mudah terlihat dan membuat tampilan wajah menjadi tidak bersih. Beberapa perempuan bahkan memiliki perawatan khusus hanya untuk menghilangkan komedo, misalnya mengambil beberapa treatment khusus di salon.

Komedo jelas bisa dihilangkan namun tidak cukup satu kali saja karena akan tumbuh dan ada lagi diwajah seminggu atau sebulan kedepan. Maka dari itu, perawatannya harus rutin, misalnya perawatan 2 minggu sekali atau sebulan sekali agar komedo di wajah hengkang dan tidak menempel di wajah cantikmu.

Nah, daripada membuang banyak dana di salon dengan melakukan serangkaian perawatan yang mahal dan merepotkan, kamu bisa mengangkat komedo dengan bahan alami. Fimela.com kali ini akan berbagi informasi 5 bahan alami untuk mengangkat komedo yang membandel. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Lidah Buaya

Bahan alami untuk mengangkat komedo yang pertama ialah lidah buaya atau yang biasa dikenal dengan aloe vera. Lidah buaya memang memiliki beragam kandungan yang sering digunakan untuk kecantikan dan kesehatan kulit, termasuk untuk mengkat komedo pada kulit wajah. Gel dari lidah buaya memiliki sifat mampu membersihkan kulit dari minyak berlebih.

Jika mencampurnya dengan beberapa tetes lemon, gel lidah buaya dapat mengurangi whitehead. Takarannya yaitu satu sendok makan gel lidah buaya dicampur dengan satu sendok teh sari lemon. Lalu oleskan pada whitehead selama sekitar 5 hingga 6 menit dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan ini secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

Tomat

Kedua, bahan alami yang juga mampu mengangkat komedo ialah tomat. Sebagai salah satu jenis sayuran, tomat tidak hanya melezatkan makanan tetapi juga bisa mengangkat komedo yang ada di kulit wajah.

Antioksidan yang terkandung di dalam tomat dapat mengangkat bakteri penyebab munculnya komedo. Selain bisa menghilangkan komedo tomat juga bisa membuat wajah terasa jauh lebih halus.

Caranya mudah saja, kamu bisa jadikan tomat sebagai bahan dasar masker. Ambil satu tomat berukuran sedang, lalu haluskan dan oleskan pada seluruh wajah atau hanya area yang berkomedo saja, lalu diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Madu

Berikutnya, ada madu murni yang juga bisa dijadikan bahan alami untuk mengangkat komedo. Sudah tidak mengherankan lagi jika madu memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit wajah.

Madu sangat bagus digunakan pada kulit yang sensitif. Kandungannya mampu menghilangkan semua whiteheads sekaligus juga membuat kulit lebih halus dan bersinar. Cara penggunaannya mudah saja, cukup oleskan madu secara merata pada kulit wajah, diamkan kira-kira selama 20 menit barulah bilas dengan air bersih.

Buah Stroberi

Keempat, bahan alami lainnya yang juga mampu mengangkat komedo ialah buah stroberi. Buah yang rasanya asam ini mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Sedangkan asam salisilat dalam stroberi dipercaya berkhasiat untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo.

Caranya adalah sediakan dua buah stroberi atau lebih, usahakan pilih yang sudah matang. Tambahkan madu atau sari lemon, oleskan pada wajah sembari dipijat selama beberapa menit. Terakhir bilas dengan air hangat sampai bersih.

Jeruk Nipis

Terakhir, bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengangkat komedo ialah jeruk nipis. Kandungan anti-oksidan dan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, karenanya perasan air jeruk nipis juga sangat cocok kamu jadikan pilihan untuk mengobati komedo.

Caranya cukup mudah, cukup dengan peras buah jeruk nipis lalu oleskan air perasaan tersebut pada area wajah yang berkomedo, diamkan selam 10-15 menit, boleh sambil menggunakan kipas karena rasanya cenderung perih. Setelah itu baru cuci dengan air bersih.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Hadirkan Versi Terbaik Dirimu dengan Nama Eyeliner
Artikel Selanjutnya
Dikenal Ice Princess, Begini Perawatan Wajah Tanpa Pori-Pori Duo Sibling Goals Jessica dan Krystal Jung