Sukses

Beauty

Kenali Kandungan Berbahaya dalam Produk Kecantikan Penyebab Kanker

Fimela.com, Jakarta Beberapa produk kecantikan atau produk perawatan kulit tidak semuanya memiliki kandungan yang aman untuk kulit. Maka sangat penting mengetahui, apakah produk kecantikan yang kamu pakai aman bagi kesehatan. Karena beberapa kandungannya tersebut bisa memicu kanker kulit.

Jika menggunakan produk kecantikan yang memiliki kandungan bahaya biasanya akan terjadi iritasi pada kulit, seperti gatal dan kemerahan. Parahnya lagi, produk kecantikan yang memiliki kandungan berbahaya, bisa dengan cepat memicu timbulnya jerawat pada kulit.

Sebelum membeli produk kecantikan atau produk perawatan kulit, usahakan untuk mengenali jenis kulit terlebih dahulu, dan cek kandungan yang terdapat pada produk tersebut. Berikut kandungan berbahaya yang terdapat pada produk kecantikan, agar tidak menyebabkan penyakit kanker kulit, dirangkum dari berbagai sumber:

 

Formaldehyde

Kandungan berbahaya yang terdapat pada produk kecantikan yang pertama yaitu kandungan formaldehyde, yang memiliki sifat karsinogen. Menurut sebuah penelitian Environmental Protection Agency (EPA), kandungan formaldehyde yang terdapat pada produk kecantikan, bisa menyebabkan iritasi kulit wajah.

Jika terlalu banyak menggunakan produk kecantikan yang memiliki kandungan formaldehyde bisa menyebabkan kanker kulit, bahkan beberapa jenis kanker yang menyerang tubuh.

Fragrance

Fragrance merupakan kandungan yang biasanya terdapat pada produk kecantikan. Biasanya bisa membuat sebuah produk memiliki aroma yang wangi, namun bisa sangat berbahaya untuk kulit.

Jika menggunakan produk yang memiliki kandungan berbahaya ini, bisa menimbulkan gejala iritasi pada kulit dan mata. Selain itu bisa menyebabkan kanker dan gangguan pada endokrin. Jika ingin menggunakan produk yang memiliki aroma wangi, gunakanlah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami, agar tidak membahayakan kulit.

Paraben

Kandungan berbahaya yang berikutnya yaitu paraben, yang bisa memicu kanker, dan biasanya terdapat pada produk-produk kecantikan. Paraben merupakan bahan pengawet, yang biasanya digunakan untuk membuat produk kecantikan, produk perawatan rambut dan kulit.

Selain menyebabkan iritasi serta kanker pada kulit, produk yang memiliki kandungan paraben bisa menyebabkan kanker payudara, dan kanker pada bagian tubuh lainnya.

Sodium Lauryl Sulfate

Sodium lauryl sulfate merupakan kandungan yang berbahay, yang tidak hanya terdapat pada produk kecantikan saja, tetapi juga terdapat pada produk kesehatan. Sodium lauryl sulfate juga terdapat pada produk sabun, shampo, hingga produk pasta gigi.

Selain menyebabkan kanker, banyak menggunakan produk yang memiliki kandungan sodium lauryl sulfate bisa menyebabkan iritasi, sariawan hingga rusaknya penglihatan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Kebiasaan yang Perlu Dihindari agar Riasan Tidak Cepat Luntur
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi 3 Jenis Toner Sesuai Kebutuhan Kulit